Metode pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) bagi anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Semarang

Rantini, Rantini (2010) Metode pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) bagi anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105213_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105213_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (775kB) | Preview
[thumbnail of 3105213_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105213_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 3105213_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105213_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 3105213_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105213_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 3105213_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105213_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 3105213_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105213_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 3105213_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105213_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah metode yang digunakan dalam pembelajaran PAI bagi anak tunagrahita. (2) bagaimanakah penerapan metode pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) bagi anak tunagrahita.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu penelitian kualitatif dengan menghadirkan format fakta-fakta faktual dan sifat populasi tertentu secara sistematis. Data-data penelitian ini menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis yaitu dengan mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian atau memusatkan perhatian pada masalah-masalah aktual dalam suatu obyek pada saat penelitian dilaksanakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran PAI bagi anak tunagrahita adalah metode ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, dan latihan/drill. Penerapan masing-masing metode pembelajaran PAI bagi siswa tunagrahita dilaksanakan dengan cara diulang-ulang, baik mengulang penjelasan materi maupun mengulang teknik yang diajarkan. Siswa sering berbicara sendiri, oleh karena itu guru harus aktif berkomunikasi dengan siswa. Metode pembelajaran PAI digunakan dengan cara berselang-seling untuk menghindari kebosanan siswa dalam pembelajaran. Interaksi yang dijalin antara siswa dan guru cukup baik. Dengan demikian, proses pembelajaranpun berjalan dengan baik pula.
Hasil penelitian ini diharapkan proses pembelajaran PAI bagi siswa tunagrahita tidak hanya menggunakan metode konvensional saja, tetapi juga menggunakan inkonvensional, misalnya dengan menggunakan media visual seperti VCD untuk menunjukkan kepada siswa tata cara shalat dan wudhu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Sudja'i, M.Ag.; Ahwan Fanani, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Tunagrahita; Sekolah Luar Biasa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 14 Jan 2015 09:47
Last Modified: 14 Jan 2015 09:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3330

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics