Pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Biologi materi pokok sistem ekskresi pada manusia kelas XI di SMA Nasima Semarang tahun ajaran 2009/2010

Saputra, Jamal (2010) Pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Biologi materi pokok sistem ekskresi pada manusia kelas XI di SMA Nasima Semarang tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105283_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105283_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105283_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105283_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105283_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105283_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105283_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. IPA bukan hanya sekedar penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Karakteristik pengetahuan sistem ekskresi pada manusia memungkinkan peserta didik berpikir kritis dan komprehensip jika pembelajarannya menggunakan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Melalui pendekatan ini peserta didik diharapkan dapat memahami keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan / penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi dengan menerapkan konsep-konsep yang dimiliki dari berbagai ilmu terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Nasima Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas XI SMA Nasima Semarang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society ) yaitu kelas XI SMA Nasima Semarang yang jumlahnya ada 25 peserta didik, terdiri atas dua siklus, setiap siklus meliputi langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan disusun skenario pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran. Dalam pelaksanaan tindakan, proses pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan SETS. Hasil observasi dipresenrasikan dalam diskusi kelas. Pada tahap observasi, dilakukan pengamatan aktivitas siswa, sikap siswa, dan kinerja guru. Serta tes hasil belajar. Indikator kinerja pada penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal. Hasil pelaksanaan siklus I menunjukkan bahwa indikator kinerja belum tercapai karena hasil belajar peserta didik hanya mencapai 72,4 dan 13 siswa yang tuntas belajar, untuk itu di adakan perbaikan lagi pada siklus II. Analisis pada siklus II menunjukkan ketuntasan hasil belajar peserta didik yaitu dengan nilai rata-rata 80,2 dan 23 siswa tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti pendidikan dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Hasil Belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Additional Information: Pembimbing: Hj. Nur Khasanah, S.Pd., M.Kes.; H. Mursid, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 14 Jan 2015 10:01
Last Modified: 14 Jan 2015 10:01
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3336

Actions (login required)

View Item View Item