Penerapan media visual dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok pencernaan makanan pada manusia kelas V semester I MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara tahun pelajaran 2009/2010

Afiyati, Nurul (2010) Penerapan media visual dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok pencernaan makanan pada manusia kelas V semester I MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105290_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105290_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (822kB) | Preview
[thumbnail of 3105290_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105290_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 3105290_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105290_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 3105290_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105290_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 3105290_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105290_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 3105290_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105290_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 3105290_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105290_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penggunaan media visual untuk mengajarkan IPA kelas V semester I di MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara tahun pelajaran 2009/2010? 2) Apakah penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V semester I di MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara tahun pelajaran 2009/2010?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui penggunaan media visual dalam pembelajaran IPA kelas V semester I di MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara tahun pelajaran 2009/2010. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester I MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Miftahul Huda pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap di setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran biologi dilaksanakan dengan menggunakan media visual. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode: wawancara, observasi, dokumentasi dan tes prestasi (achievement test). Data hasil pengamatan tes prestasi (achievement test) atau nilai evaluasi diolah dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media visual dalam penelitian ini menggabungkan dengan metode demonstrasi dan diskusi. Penyampaian materi pencernaan makanan pada manusia dengan menggunakan media visual yaitu berupa bagan skematik alat pencernaan manusia yang dibuat dalam ukuran besar yang ditempel di depan kelas. 2) Sebagai indikator keberhasilan dari penellitian tindakan kelas ini adalah jika 80% siswa telah memperoleh hasil belajar idividu minimal 70. Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan media visual mengalami peningkatan, khususnya pada materi pokok pencernaan makanan pada manusia. Pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata 63,33 dengan ketuntasan belajar 35,89%. Pada siklus I diperoleh nilai nilai rata-rata 68,46 dengan ketuntasan belajar 58,97% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,54 dengan ketuntasan 82,05%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II dan tidak perlu dilakukan siklus ke III.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Media Visual; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 15 Jan 2015 08:54
Last Modified: 24 May 2021 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3339

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics