Implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok perubahan energi pada reaksi kimia di kelas XI IPA MAN Kronjo Tangerang tahun pelajaran 2009/2010

Najiullah, Najiullah (2010) Implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok perubahan energi pada reaksi kimia di kelas XI IPA MAN Kronjo Tangerang tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105293_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105293_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105293_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105293_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105293_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105293_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105293_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Nilai pelajaran kimia di kelas XI IPA MAN Kronjo Tangerang khususnya pada materi pokok perubahan energi pada reaksi kimia selalu kurang dari KKm ytang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 65, hal ini disebabkan karena peserta didik kurang faham dengan materi yang diberikan dan juga metode pengajaran yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran selalu menggunakan metode konvesional atau ceramah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA Man Kronjo Tangerang. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai tes di akhir siklus. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Sebelum pelaksanaan siklus I dan II peneliti melakukan pra siklus yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar peserta didik angkatan 2007 dan 2008 yang akan dijadikan perbandingan pada tes akhir siklus dari peserta didik yang sedang diteliti. Pada siklus I pelaksanaan pembelajaran belum berjalan sesuai rencana dan hasil yang di dapatkanpun masih kurang dari indikator yang telah ditentukan, masih kurangnya indikator keberhasilan di sebabkan oleh banyaknya peserta didik yang tidak hadir pada beberapa pertemuan tetapi juga karena masih banyak peserta didik yang kurang berperan aktif dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan masih terkesan asing bagi peserta didik dan juga oleh guru yang masih terbiasa menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Pada siklus II pelaksanaan pembelajaran sudah lebih baik dari siklus I, hal itu dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang hadir sudah lebih baik dari siklus I dan juag peserta didik sudah mulai terbiasa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sehingga peserta didik lebih aktif dalama pembelajaran yang dilaksanakan dan hasil belajar peserta didik pada siklus II sudah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari hasil belajar peserta didik yaitu secara klasikal, 85% peserta didik mencapai ketuntasan belajar minimal 65. Dari hasil penelitian, rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus I mencapai 63.03 dengan ketuntasan klasikal 55.55%. Pada siklus II mencapai 71.40 dengan ketuntasan klasikal 85.18%.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar; Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Additional Information: Pembimbing: Atik Rahmawati, M.Si.; Drs. Widodo Supriyono, M.A.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 15 Jan 2015 08:58
Last Modified: 15 Jan 2015 08:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3340

Actions (login required)

View Item View Item