Efektivitas CD interaktif dan alat peraga sebagai media pada materi pokok sistem gerak manusia dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs NU 02 Al Ma’arif Boja Kendal

Setianingsih, Eka (2010) Efektivitas CD interaktif dan alat peraga sebagai media pada materi pokok sistem gerak manusia dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs NU 02 Al Ma’arif Boja Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105313_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105313_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 3105313_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105313_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 3105313_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105313_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of 3105313_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105313_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 3105313_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105313_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 3105313_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105313_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 3105313_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105313_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui efektivitas CD Interaktif dan alat peraga sebagai media dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok sistem gerak manusia.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs NU 02 Al Ma’arif Boja Kendal. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, yang masing-masing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi untuk mengambil data nama siswa yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Selain itu digunakan metode tes (multiple choice tes) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan media CD interaktif dan alat peraga sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media CD interaktif dan alat peraga.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 3,624 sedangkan t tabel = 1,66. Karena t hitung > t tabel berarti rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan media pembelajaran CD interaktif dan alat peraga lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata – rata lebih tinggi yaitu 67,62 dengan nilai terendah = 40 dan nilai tertinggi = 90 dan siswa yang tuntas KKM = 32 siswa dan yang belum tuntas KKM = 8 siswa, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata – rata yang lebih kecil yaitu 57,12. dengan nilai terendah = 35 dan nilai tertinggi = 80, dan siswa yang sudah tuntas KKM = 17 siswa dan yang belum tuntas KKM = 23 siswa. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi materi sistem gerak manusia yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran CD interaktif dan alat peraga lebih baik dari pada pembelajaran biologi tanpa menggunakan media CD interaktif dan alat peraga. Hal ini berarti penggunaan CD interaktif dan alat peraga sebagai media pada materi sistem gerak manusia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU 02 Al Ma’arif Boja kendal.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; CD Interaktif; Alat Peraga; Hasil Belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 16 Jan 2015 08:17
Last Modified: 24 May 2021 04:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3345

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics