Pengaruh pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring kab. Kendal

Wijayanti, Fitri (2010) Pengaruh pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring kab. Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105400_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105400_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3105400_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105400_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 3105400_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105400_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 3105400_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105400_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 3105400_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105400_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 3105400_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105400_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 3105400_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105400_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pemahaman materi pelajaran ghorib santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring Kab. Kendal. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur'an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring Kab. Kendal. 3) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an.
Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Subjek penelitian sebanyak 30 responden, menggunakan teknik analisis Regresi yaitu teknik analisis yang bertujuan menguji bentuk hubungan yang fungsional variabel X sebagai prediktor terhadap variabel Y sebagai kriterium. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda.hal ini ditunjukan dengan nilai Freg sebesar 0,0411377 setelah dicocokan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 5,45 sedangkan nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,34 karena Freg < Ftabel 1% dan Ftabel 5%, (0,041137< 5,45 < 3,34), maka tidak signifikan, dengan persamaan garis regresi = 84,826 + 0,020X. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa pemahaman materi pelajaran ghorib ada pengaruhnya terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring Kab.Kendal dan masyarakat pada umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Nasirudin, M.Ag.; Drs. Karnadi Hasan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Al-Qur’an; Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 22 Jan 2015 09:28
Last Modified: 22 Jan 2015 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3364

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics