Upaya meningkatkan hasil belajar Al Qur’an Hadits materi pokok lam dan ra’ dengan menggunakan media lingkaran tajwid (studi tindakan pada kelas VIII B MTs NU 20 Kangkung tahun ajaran 2009/2010)

Fuadah, Muhimmatul (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar Al Qur’an Hadits materi pokok lam dan ra’ dengan menggunakan media lingkaran tajwid (studi tindakan pada kelas VIII B MTs NU 20 Kangkung tahun ajaran 2009/2010). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105405_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105405_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105405_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105405_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105405_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105405_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105405_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya penguasaan materi tajwid dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits, karena Al Qur’an dan Hadits merupakan pedoman bagi manusia untuk beribadah kepada Allah. Namun realitasnya penguasaan siswa terhadap materi tajwid dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits masih rendah, sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini bisa jadi dikarenakan pembelajaran yang kurang variatif, pembelajaran yang sering digunakan guru pada umumnya hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media lingkaran tajwid dapat meningkatkan hasil belajar materi tajwid dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs NU 20 Kangkung. Penelitian ini menggunakan studi tindakan kelas (classroom action research) pada siswa kelas VIII B MTs NU 20 Kangkung, yang pada semester ganjil sebelumnya penguasaan peserta didik pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi tajwid kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, dokumentasi dan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan essay. Subjek yang diteliti adalah kelas VIII B dengan jumlah 42 siswa. Penelitian berlangsung selama 30 hari, terhitung mulai tanggal 28 Januari sampai 25 Februari tahun 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya media pembelajaran lingkaran tajwid dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits, menunjukkan adanya perubahan, dapat dilihat berdasarkan jumlah nilai yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, jumlah nilai rata-rata adalah 66,3, tahap siklus I adalah 68,9, dan tahap siklus II adalah 71,3. Dari 3 tahap tersebut dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar. Penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Al Qur’an Hadits materi tajwid dengan media pembelajaran lingkaran tajwid, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs NU 20 Kangkung Kendal Tahun Ajaran 2009/2010

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Baca Tulis Al-Qur’an; Ilmu Tajwid; Media Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Hj. Nur Asiyah, M. SI.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 22 Jan 2015 09:30
Last Modified: 22 Jan 2015 09:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3365

Actions (login required)

View Item View Item