Efektivitas hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak materi iman kepada malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib selain malaikat pada peserta didik kelas VII MTs NU 01 Bumijawa dengan penggunaan mind mapping

Ma’arif, Samsul (2010) Efektivitas hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak materi iman kepada malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib selain malaikat pada peserta didik kelas VII MTs NU 01 Bumijawa dengan penggunaan mind mapping. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105430_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105430_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105430_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105430_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105430_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105430_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105430_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan penggunaan mind mapping lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs NU 1 Bumijawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampelnya adalah kelas VII A yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan hasil nilai tes awal. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan mind mapping dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data nilai akhir didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 2,693, sedangkan ttabel = 1,672. Karena thitung > ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar Aqidah Akhlak siswa yang diajar dengan penggunaan mind mapping lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80,733dan kelompok kontrol = 76,833, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan mind mapping lebih baik daripada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dam menjadi inovasi bagi civitas akademik, para mahasiswa dan para pendidik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan bagi para peserta didik agar dapat menggunakan mind mapping dalam proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Aqidah Akhlak; Metode Pembelajaran; Mind Mapping
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.21 God and spiritual beings > 297.215 Angels / Malaikat
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ruswan, M.A.; Drs. Wahyudi, M.Pd.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 23 Jan 2015 07:27
Last Modified: 23 Jan 2015 07:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item