Pengaruh Perilaku Sedekah terhadap Perkembangan Usaha (Studi Kasus Peserta Komunitas Usaha Mikro Muamalat Berbasis Masjid (KUM3) di KJKS BMT An-Najah Wiradesa)

Mirza, Fandi Fuad (2013) Pengaruh Perilaku Sedekah terhadap Perkembangan Usaha (Studi Kasus Peserta Komunitas Usaha Mikro Muamalat Berbasis Masjid (KUM3) di KJKS BMT An-Najah Wiradesa). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
072411028_bab1.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
072411028_bab2.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
072411028_bab3.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
072411028_bab4.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
072411028_bab5.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
072411028_Blibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
072411028_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sedekah merupakan suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharapkan ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah merupakan ibadah yang mempunyai dimensi ganda, yaitu horizontal dan vertikal. Dimensi horizontal berkaitan dengan bentuk dan pola hubungan antar manusia, sedangkan dimensi vertikal berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan. Sedekah bisa disebut sebagai ibadah sosial. Ibadah sosial merupakan ibadah yang mempunyai efek langsung dengan konteks kehidupan masyarakat sekitar, mengandung nilai gotong royong dan tanggung jawab sosial sehingga dapat diharapkan dapat meratakan pendapatan ekonomi serta menghapus kemiskinan dalam masyarakat. Usaha adalah upaya, kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran, pekerjaan, mata pencaharian, nafkah, kegiatan di bidang perdagangan, kegiatan industri, ikhtiar, dan sebagainya. untuk dapat mengembangkan usaha dengan baik adalah dengan pengetahuan meningkatkan keahlian kepada pengusaha (wirausaha) seperti mendapatkan juga pelatihan dari KJKS BMT An-Najah cara tentang pengembangan usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih kepada pengusaha terhadap pengembangan usaha yang baik. Setiap pengusaha, baik pengusaha kecil maupun besar harus mampu membuat marketing plan terlebih dahulu sebelum mengembangkan usahanya, dan sedekah berperan sebagai suplemen dan pelengkap dalam dalam berikhtiar dalam peningkatan dan perkembangan usaha. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan usaha yaitu Sedekah. Variabel independen yang digunakan meliputi Perilaku sedekah (X) sedangkan variabel dependen adalah Profitabilitas pada peserta KUM3 di KJKS BMT An Najah Wiradesa (Y). Sampel yang diambil berjumlah 53 responden dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengujian digunakan dengan menggunakan analisis formulasi korelasi product moment dari Pearson, alat analisisnya menggunakan SPSS 12.00 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, korelasi antara kriterium dengan prediktor, menguji signifikansi korelasi determinasi uji t, persamaan garis regresi, variasi regresi, uji signifikansi F (uji statistik F). Berdasarkan pengujian, didapatkan hasil bahwa semua variabel yang digunakan memenuhi kriteria pengujian yang digunakan. Adapun hasil regresi adalah : Y = 18,84 + 0,974X Koefisien determinasinya (adjusted R^2) sebesar 0,76. Artinya 76% Perilaku sedekah berpengaruh terhadap Perkembangan usaha. Sedangkan 24% ada kemungkinan disebabkan oleh faktor-faktor lain diluar model.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sedekah; Perkembangan Usaha
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Kharisun
Date Deposited: 29 Nov 2013 07:16
Last Modified: 04 Dec 2013 00:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item