Efektivitas pembelajaran elaborasi dengan pendekatan pembuatan catatan terhadap hasil belajar matematika materi pokok logaritma peserta didik kelas X semester I MA NU Limpung Batang tahun pelajaran 2010/2011

Arifuddin, Ahmad (2010) Efektivitas pembelajaran elaborasi dengan pendekatan pembuatan catatan terhadap hasil belajar matematika materi pokok logaritma peserta didik kelas X semester I MA NU Limpung Batang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511004_Ahmad_Arifuddin]
Preview
Text (SKRIPSI_063511004_Ahmad_Arifuddin)
63511004_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 63511004_Bab1.pdf]
Preview
Text
63511004_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 63511004_Bab2.pdf]
Preview
Text
63511004_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 63511004_Bab3.pdf]
Preview
Text
63511004_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 63511004_Bab4.pdf]
Preview
Text
63511004_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 63511004_Bab5.pdf]
Preview
Text
63511004_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 63511004_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63511004_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti dan penuturan salah satu guru matematika di MA NU Limpung Batang menyatakan bahwa pada pembahasan materi pokok logaritma, sebagian peserta didik cenderung mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar mengajar tersebut. Hal ini dikarenakan peserta didik mengalami kebingungan ketika dihadapkan dengan rumus-rumus logaritma. Sehingga peserta didik mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal-soal logaritma yang lebih variatif. Berbagai upaya telah dilakukan tetapi hasilnya belum optimal. Salah satu strategi pembelajaran matematika yang diduga dapat meningkatkan hasil belajar matematika adalah pembelajaran elaborasi dengan pendekatan pembuatan catatan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah pembelajaran elaborasi dengan pendekatan pembuatan catatan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok logaritma di MA NU Limpung Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskusikan dan mengetahui apakah pembelajaran elaborasi dengan pendekatan pembuatan catatan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok logaritma di MA NU Limpung Batang.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester I MA NU Limpung Batang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terbagi dalam 5 kelas sebanyak 273 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh t hitung = 5.715, sedangkan nilai t tabel = 1,67. Karena > t tabel , maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran elaborasi dengan pendekatan pembuatan catatan lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran elaborasi dengan pendekatan pembuatan catatan lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok logaritma di kelas X MA NU Limpung, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran elaborasi dengan pendekatan pembuatan catatan dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran elaborasi; Model pembelajaran; Hasil belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Feb 2015 09:49
Last Modified: 19 Jun 2021 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics