Penggunaan alat peraga dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi luas permukaan dan volum bangun ruang di kelas VIII B SMP Takhassus Al-Qur’an Wonosobo

Nurroh, Anisatun (2010) Penggunaan alat peraga dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi luas permukaan dan volum bangun ruang di kelas VIII B SMP Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511020_Anisatun_Nurroh]
Preview
Text (SKRIPSI_063511020_Anisatun_Nurroh)
63511020_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 63511020_Bab1.pdf]
Preview
Text
63511020_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 63511020_Bab2.pdf]
Preview
Text
63511020_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 63511020_Bab3.pdf]
Preview
Text
63511020_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 63511020_Bab4.pdf]
Preview
Text
63511020_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 63511020_Bab5.pdf]
Preview
Text
63511020_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 63511020_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63511020_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga dengan metode demonstrasi pada materi luas dan volum bangun ruang dan untuk mengetahui dapat tidaknya penggunaan alat peraga dengan metode demonstrasi meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi luas dan volum bangun ruang di Kelas VIII B SMP Takhassus Al-Qur’an Wonosobo.
Bangun ruang merupakan salah satu materi kelas VIII yang sulit diterima oleh peserta didik, hal ini disebabkan karena rendahnya pemahaman materi, kurang berminatnya peserta didik dalam mengikuti pelajaran matematika, dan masih banyak ditemukan peserta didik di SMP Takhassus Al-Qur’an tidur pada saat pelajaran. Pada materi bangun ruang, peserta didik kesulitan dalam memahami maksud gambar dan bagian-bagiannya, kesulitan untuk mengingat rumus-rumus dan masih bingung menentukan rumus bangun ruang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tiga siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar peserta didik diperoleh dari 1 tahun yang lalu. Untuk keaktifan peserta didik dalam prasiklus ini, peneliti juga melakukan observasi keaktifan peserta didik di kelas VIII B pada sub materi sifat-sifat dan jaring-jaring bangun ruang. Pada prasiklus guru belum menggunakan alat peraga dengan metode demonstrasi. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus akan diukur keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar pada pra siklus adalah 57,14 dan 53,57%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 41,96%. Setelah dilakukan siklus I nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 70,18 dan ketuntasan 60,71%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 56,43%. Secara garis besar pelaksanaan pembelajaran siklus I masih perlu diperbaiki agar terjadi peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan yang diharapkan yakni nilai rata-rata kelas ≥6.0 dengan ketuntasan klasikal 75%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 85,36 dan ketuntasan 82,14%. Sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 79,55%. Hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan daripada siklus sebelumnya dengan indikator keberhasilan sudah terpenuhi.
Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik SMP Takhassus Al-Qur’an Wonosobo kelas VIII B tahun pelajaran 2009/2010 pada materi luas dan volum bangun ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Hasil belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Feb 2015 09:26
Last Modified: 25 Jun 2021 08:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics