Efektivitas pemberian tugas dan resitasi terhadap hasil belajar Matematika pokok bahasan garis singgung lingkaran

Waluyo, Ngudi (2010) Efektivitas pemberian tugas dan resitasi terhadap hasil belajar Matematika pokok bahasan garis singgung lingkaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63511021_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511021_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511021_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511021_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511021_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511021_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511021_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (35kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak kurang efektif khususnya pada pokok bahasan garis singgung lingkaran. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional atau ekspositori. Sehingga dalam penelitian ini berlatar belakang pada ketertarikan peneliti untuk menerapkan metode pemberian tugas dan resitasi pada proses pembelajaran di MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah pembelajaran dengan metode pemberian tugas dan resitasi efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII pada pokok bahasan garis singgung lingkaran MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak tahun Pelajaran 2009/ 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: efektivitas pemberian tugas dan resitasi terhadap hasil matematika peserta didik kelas VIII pada pokok bahasan garis singgung lingkaran MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak tahun pelajaran 2009/ 2010. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak yang terbagi dalam tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, diperoleh siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, sedang kelas kontrolnya adalah kelas VIII C. Pada kelompok eksperimen pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas dan resitasi, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional (ekspositori). Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 30 soal. Sebelum diganti untuk menghitung data, instrumen diujicobakan terlebih dahulu. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dari hasil perhitungan pada lampiran 20, diperoleh t-hitung = 3,836 dan t-tabel = 1,66, oleh karena t-hitung > t-tabel, jadi Ho ditolak. Sehingga rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih dari rata-rata hasil belajar kelompok kontrol. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tugas dan resitasi lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional terhadap hasil belajar pada pokok bahasan garis singgung lingkaran peserta didik kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2009/ 2010. Disarankan guru dapat mencoba menggunakan metode pemberian tugas dan resitasi untuk diterapkan pada pokok bahasan yang lain, supaya peserta didik mempunyai kesiapan, kedisiplinan, rasa tanggung jawab serta termotivasi dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Hj. Minhayati Saleh, S.Si., M.Sc.; Hj. Nur Asiyah, M.SI.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Feb 2015 09:28
Last Modified: 04 Feb 2015 09:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item