Pengaruh kedisiplinan mengajar guru terhadap kualitas pembelajaran di MTs Fatahillah Beringin Semarang

Asrori, Asrori (2010) Pengaruh kedisiplinan mengajar guru terhadap kualitas pembelajaran di MTs Fatahillah Beringin Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 053811294 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
053811294 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 053811294 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
053811294 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 053811294 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
053811294 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 053811294 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
053811294 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 053811294 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
053811294 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 053811294 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
053811294 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 053811294 _ Bibliografi.pdf]
Preview
Text
053811294 _ Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kedisiplinan mengajar guru di MTs Fatahillah Beringin Semarang. 2) Kualitas Pembelajaran di MTs Fatahillah Beringin Semarang. 3) Pengaruh kedisiplinan mengajar guru terhadap Kualitas Pembelajaran di MTs Fatahillah Beringin Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitik beratkan pada data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka-angka. Penelitian ini populasinya adalah seluruh guru MTs Fatahillah Beringin Semarang yang berjumlah 17 orang. Penelitian ini mengambil seluruh guru sebagai obyek penelitian, oleh karena itu penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket, metode wawancara dan observasi digunakan untuk mengetahui jumlah guru, dan melengkapi data yang diperoleh dari hasil angket.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa:
1. Kedisiplinan mengajar guru di MTs Fatahillah Beringin Semarang mempunyai nilai taraf “baik” yang mempunyai rata-rata sebesar 79,2941 dan pada nilai distribusi frekuensi terletak pada interval 76 – 81 yang mempunyai prosentase 47,05%.
2. Kualitas pembelajaran di MTs Fatahillah Beringin Semarang mempunyai kategori baik karena mempunyai nilai rata-rata sebesar 86,8235 dan pada table nilai distribusi frekuensi terletak pada interval 86 – 91 yang mempunyai prosentase 47,05%.
3. Terdapat pengaruh kedisiplinan mengajar guru terhadap kualitas pembelajaran di MTs Fatahillah Beringin Semarang. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung = 7,96 yang lebih besar daripada F tabel pada taraf signifikansi 5%= 4,45. Sedangkan persamaan garis regresinya adalah Y= 46,353 + 0,51x.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara Pengaruh kedisiplinan mengajar guru terhadap Kualitas Pembelajaran di MTs Fatahillah Beringin Semarang. Dari sini dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima atau dibuktikan. Diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademik, para mahasiswa tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan prestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Wahyudi, M.Pd.; Drs. H. Fatah Syukur, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan guru; Kualitas pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 04 Feb 2015 09:30
Last Modified: 04 Feb 2015 09:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics