Upaya meningkatkan hasil belajar Biologi melalui model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada manusia kelas VIII B di MTs NU Salatiga

Hasanah, Afidatul (2010) Upaya meningkatkan hasil belajar Biologi melalui model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada manusia kelas VIII B di MTs NU Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
053811294 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
053811294 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053811294 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053811294 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053811294 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053811294 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053811294 _ Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs NU Salatiga; (2) mengetahui respon peserta didik kelas VIII B MTs NU Salatiga mata pelajaran biologi melalui model PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) khususnya materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada peserta didik kelas VIII semester 1 MTs NU Salatiga mata pelajaran Biologi pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Adapun pemberian angket yang diberikan oleh peneliti kepada peserta didik untuk mengetahui respon terhadap pembelajaran biologi pelaksanaan pembelajaran biologi melalui model PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review) ternyata dapat dilihat dari hasil angket mencapai 77,42%, yakni menunjukkan criteria penilaian baik. Rata-rata nilai tes evaluasi yang dicapai pada kondisi awal yaitu pada materi Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan sebesar 58,83. Peserta didik yang memperoleh nilai di bawah 65 sebanyak 15 orang atau 50%. Fakta menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII MTs NU Salatiga belum bisa menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru, dan enggan untuk menyampaikan ide-ide mereka. Oleh karena itu, untuk lebih meningkatkan hasil belajar Biologi, dalam hal ini peneliti menggunakan alternatif dengan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review). Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa prosentase dan nilai rata-rata mencapai 5,97 dengan ketuntasan belajar 23,33%. Untuk siklus II mencapai 6,84% dengan dengan ketuntasan belajar 53,33%. Pada siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil tes 8,18 dengan ketuntasan belajar sebesar 86,66%. Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program study di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberikan dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motifasi belajar secara lebih memadai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui model PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII B di MTs NU Salatiga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Biologi; Model pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Additional Information: Pembimbing: Lianah, M.Pd.; H. Mursid, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 04 Feb 2015 09:33
Last Modified: 04 Feb 2015 09:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3423

Actions (login required)

View Item View Item