Problematika manajemen kurikulum pendidikan agama Islam dan solusinya di SMP Islam Hidayatullah Semarang

Patumi, Patumi (2010) Problematika manajemen kurikulum pendidikan agama Islam dan solusinya di SMP Islam Hidayatullah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63311016_ Coverdll.pdf]
Preview
Text
63311016_ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 63311016_ Bab 1.pdf]
Preview
Text
63311016_ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 63311016_ Bab 2.pdf]
Preview
Text
63311016_ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 63311016_ Bab 3.pdf]
Preview
Text
63311016_ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 63311016_ Bab 4.pdf]
Preview
Text
63311016_ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 63311016_ Bab 5.pdf]
Preview
Text
63311016_ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 63311016_ Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63311016_ Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apa problematika manajemen kurikulum PAI dan apa solusi problematika manajemen kurikulum PAI di SMP Islam Hidayatullah Semarang. Skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik yaitu mendeskrikan problematika manajemen kurikulum PAI dan solusinya di SMP Islam Hidayatullah Semarang. Kemudian menganalisanya dengan bukti kebenaran data yang diuji dengan metode keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam mencapai tujuan pendidikan agama Islam yang diharapkan, SMP Islam Hidayaullah Semarang melaksanakan manajemen kurikulum PAI dengan problematika sebagai berikut. 1) Kegiatan Insidental, perubahan jadwal yang secara tiba-tiba mempengaruhi efektifitas pelaksanaan kurikulum PAI, 2) Penyusunan anggaran kurikulum kurang tepat, dana yang keluar cenderung berbeda dengan anggaran yang ditetapkan dalam penyusunan anggaran, 3) Kurang adanya keterpaduan kompetensi keagaman guru, kompetensi keagamaan pendidik yang kurang seragam menjadi kendala dalam pelaksanaan kurikulum PAI, 4) Latar belakang peserta didik yang berbeda, perbedaan kompetensi keagamaan yang dimiliki peserta didik berpengaruh terhadap proses belajar mengajar dan 5) Perbedaan pengetahuan keagamaan, perbedaan pemahaman tentang pendidikan Islam yang tidak searah menjadikan kebingungan peserta didik dalam memahami pendidikan yang diberikan pendidik. Sedangkan solusi untuk mengatasi problematika manajemen kurikulum PAI adalah sebagai berikut. 1) Menerapkan perencanaan strategis, memandang kedepan, menduga-duga kemungkinan, bersedia siap untuk hal tidak terduga, 2) Memperkecil tingkat kesalahan penyusunan anggaran, berfikir kreatif, dinamis dan selaras dengan kebutuhan perkembangan masyarakat, 3) Menyeragamkan kompetensi keagamaan pendidik, menguji ulang kriteria seleksi dan memberikan pembinaan dan pelatihan pendidik sesuai dengan kebutuhan standar keagamaan, 4) Mengkaji kemampuan awal peserta didik, pendidik dituntut untuk melakukan kajian terhadap kompetensi awal peserta didik sebelum pelaksanaan pembelajaran, 5) Menerapkan manajemen konflik, mengadakan musyawarah yang dapat memberikan arah baru cara pandang yang sama terhadap pendidikan Islam.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi khususnya pada pelaksanaan kurikulum yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa, M. Ag.; Drs. Sugeng Ristiyanto, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 05 Feb 2015 07:11
Last Modified: 05 Feb 2015 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3431

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics