Efektifitas pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar Biologi kelas VIII MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang materi pokok sistem peredaran darah pada manusia

Khariroh, Siti (2010) Efektifitas pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar Biologi kelas VIII MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang materi pokok sistem peredaran darah pada manusia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63811002 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811002 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811002 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811002 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811002 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811002 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811002 _ Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Apakah model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional (ceramah) terhadap hasil belajar biologi kelas VIII MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen.. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu true experimental design. Bentuk design true experimental dalam penelitian ini adalah pretest-postest control group design populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan MTs Roudhotul Mutta’alibin sebagai kelas uji coba. Dalam penelitian ini kedua kelompok diberi pre test untuk mengetahui keadaan awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) sedangkan pada kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional (ceramah) pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia. Setelah pembelajaran selesai, kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol diberi tes akhir yang sama. Tes akhir inilah yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data peserta didik. Instrumen tes sebelum digunakan, untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu di lakukan uji coba untuk pengujian validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen postes adalah 87,09 dan kelompok kontrol adalah 79,53. berdasarkan uji perbedaan rata-rata pihak kanan, diperoleh hasil belajar thitung =1,979 dan ttabel = 1,67. karena thitung > ttabel, berarti Ho di tolak. karena hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi materi pokok sistem peredaran darah pada manusia siswa kelas VIII MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; Cooperative Learning; Hasil Belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Additional Information: Pembimbing: Lianah, M.Pd.; Drs.H. Soediyono, M.Pd.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 Feb 2015 10:33
Last Modified: 06 Feb 2015 10:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item