Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Jepara

Asyhari, M. (2011) Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Jepara. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Asyhari_Tesis_Sinopsis.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Asyhari_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Asyhari_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Asyhari_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Asyhari_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Asyhari_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (86kB) | Preview

Abstract

Prinsip-prinsip manajemen modern yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan telah diadopsi dan digunakan dalam praktek penyelenggaraan pendidikan di Madrasah . Aspek-aspek tersebut merupakan satu kesatuan proses dan prosedur yang harus dilalui dalam usaha untuk mencapai tujuan pendidikan, sehingga tidak boleh mengesampingkan salah satunya dan mengutamakan yang lain, kesemuanya harus mendapat perhatian yang serius sesuai dengan kapasitas dan proporsinya .Pengawasan atau supervisi merupakan aktifitas penting dalam praktek penyelenggaraan pendidikan. Kegiatan kepengawasan dimaksudkan sebagai kegiatan kontrol terhadap seluruh kegiatan pendidikan untuk mengarahkan, mengawasi, membina dan mengendalikan dalam pencapaian tujuan sehingga kegiatan kepengawasan dilakukan sejak dari tahap perencanaan sampai pada tahap evaluasi yang akan berfungsi sebagai feed back tindak lanjut dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Ruang lingkup tugas kepengawasan secara garis besar terbagi menjadi dua yaitu pengawasan manajerial dan pengawasan akademik. Yang menjadi kajian dalam tesis ini adalah pengawasan akademik Penulis menjadikan pengawasan akademik sebagai obyek kajian dan pembahasan dalam tesis ini dengan alasan ; Pertama, karena bidang akademik dalam proses pendidikan adalah inti dari pendidikan itu sendiri karena berkaitan langsung dengan usaha pencapaian sejumlah kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa. Kedua, tesis ini hanya membahas pengawasan akademik saja dikandung maksud agar pembahasannya lebih fokus dan mendalam sehingga akan dapat lebih dapat menyumbangkan buah pemikiran bidang pendidikan yang bersifat aplikatif. Kinerja bidang akademik dapat tergambar dengan jelas dalam kinerja guru karena gurulah yang melakukan aktifitas akademik secara langsung bersama siswa dalam proses pembelajaran. Dalam melaksanakan tugasnya, guru perlu mendapat motivasi, arahan, bimbingan , pembinaan melalui supervisi akademik pengawas untuk meningkatkan kinerja guru yang pada akhirnya akan meningkatkan efektifitas dan kualitas pembelajaran yang bermuara pada pencapaian tujuan pendidikan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa supervisi akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Jepara dilakukan dengan memenuhi standar prosedural dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan dengan menggunakan seperangkat instrumen yang diperlukan serta dilakukan dengan cara-cara modern, meninggalkan cara konvensional- tradisional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Pendidikan; Pengawas Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Nov 2013 09:03
Last Modified: 29 Nov 2013 09:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item