Implementasi model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing secara berkelompok untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok trigonometri di kelas X semester genap MA Sunan Kalijaga Bawang Batang tahun pelajaran 2009/2010

Jarwati, Jarwati (2010) Implementasi model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing secara berkelompok untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok trigonometri di kelas X semester genap MA Sunan Kalijaga Bawang Batang tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63511010 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511010 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511010 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511010 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511010 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511010 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511010 _ Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Secara Berkelompok pada materi pokok trigonometri (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Sunan Kalijaga Bawang-Batang khususnya pada materi pokok trigonometri. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah peserta didik di MA Sunan Kalijaga Bawang-Batang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk mengimplementasikan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Secara Berkelompok yaitu kelas X yang jumlahnya ada 31 peserta didik yang terdiri dari 16 putra dan 15 putri. Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua tahap yaitu siklus 1 dan siklus 2, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sebelum penelitian, diperlukan data pra siklus dari wawancara untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah tindakan. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini adalah rata-rata kelas minimal mencapai 55 dengan ketuntasan klasikal minimal 85%. Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan wawancara pada pra siklus diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 5,03 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,94%. Setelah diadakan penelitian, pada siklus 1 rata- rata nilai peserta didik mencapai 6,0 dengan ketuntasan klasikal 77,42%. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata hasil belajar naik menjadi 6,71 dengan ketuntasan klasikal 93,55%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan dengan implementasi model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Secara Berkelompok dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik MA Sunan Kalijaga Bawang-Batang kelas X semester genap tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok trigonometri

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Trigonometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Hj. Minhayati Shaleh, S.Si., M.Sc.; Dr. Lift Anis Ma’shumah, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 10 Feb 2015 06:40
Last Modified: 10 Feb 2015 06:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item