Efektivitas teknik penilaian unjuk kerja terhadap kemampuan matematis materi pokok garis dan sudut pada peserta didik kelas VII SMP Putri Nawa Kartika Kudus tahun pelajaran 2009/2010

Lia, Naila Fikrina Afrih (2010) Efektivitas teknik penilaian unjuk kerja terhadap kemampuan matematis materi pokok garis dan sudut pada peserta didik kelas VII SMP Putri Nawa Kartika Kudus tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511011_Naila_Fikrina_Lia]
Preview
Text (SKRIPSI_063511011_Naila_Fikrina_Lia)
063511011 _ Cover dll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 063511011 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
063511011 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 063511011 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
063511011 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 063511011 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
063511011 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 063511011 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
063511011 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 063511011 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
063511011 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 063511011 _ Bibliografi.pdf]
Preview
Text
063511011 _ Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (28kB) | Preview

Abstract

Dalam mata pelajaran matematika setiap guru dituntut untuk mampu mengetahui kemampuan matematis setiap anak didiknya. Hal ini menjadi barometer keberhasilan seorang guru dalam pembelajaran, Namun sebagaimana yang terjadi di SMP Putri Nawa Kartika Kudus, belum dapat mengidentifikasi setiap indikator dalam kemampuan matematis. Selama ini dalam proses pengambilan nilai masih menggunakan teknik penilaian konvensional (uraian), yang cenderung global hanya dibatasi dengan ketercapaian pada KKM matematika 60. Sehingga diperlukan inovasi dalam penilaian, salah satunya dengan teknik penilaian yang diduga dapat mengukur kemampuan matematis peserta didik yaitu teknik penilaian unjuk kerja.
Melalui penelitian ini diimplementasi teknik tersebut dan permasalahan dalan penelitian ini yaitu apakah penggunaan teknik penilaian unjuk kerja efektif terhadap kemampuan matematis materi pokok garis dan sudut pada peserta didik kelas VII SMP Putri Nawa Kartika Kudus tahun pelajaran 2009/2010?. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik penilaian unjuk kerja terhadap kemampuan matematis materi pokok garis dan sudut pada peserta didik kelas VII SMP Putri Nawa Kartika Kudus tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas VII semester II SMP Putri Nawa Kartika Kudus Tahun Pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas VII-A sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VII-B sebagai kelompok kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelompok sama-sama diberi tes yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh thitung = 1,904 sedangkan nilai t = 1,67. Karena t hitung> t maka H ditolak. Artinya rata-rata kemampuan matematis yang diukur dengan teknik penilaian unjuk kerja lebih besar dari pada rata-rata kemampuan matematis yang diukur dengan teknik penilaian konvensional (uraian).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan matematis kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol sehingga dapat dikatakan teknik penilaian unjuk kerja lebih efektif daripada teknik penilaian konvensional (uraian) pada materi pokok garis dan sudut di kelas VII SMP Putri Nawa Kartika Kudus tahun pelajaran 2009/2010, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan teknik penilaian unjuk kerja serta menerapkan penilaian unjuk kerja ini pada materi pokok yang lainnya. Karena kunci dari penerapan penilaian unjuk kerja ini tergantung dari kreatifitas guru dalam menyesuaikan antara tujuan pembelajaran dengan instrument penilaian unjuk kerja, terlebih pada waktu penyusunan rubrik dan penskoran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi belajar; Kemampuan Matematis; Geometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 10 Feb 2015 06:43
Last Modified: 23 Jun 2021 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics