Penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing (inquiry learning) dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok kubus dan balok untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII E MTs N 1 Semarang tahun pelajaran 2009/2010

Utami, Kharisma Dyah (2010) Penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing (inquiry learning) dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok kubus dan balok untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII E MTs N 1 Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63511019 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511019 _Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511019 _Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511019 _Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511019 _Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511019 _Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511019 _Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini sangat sesuai dengan masalah yang ada yaitu kurangnya peran serta aktif peserta didik ketika mengikuti pembelajaran pada materi kubus dan balok karena tingkat pemahaman peserta didik lebih dipengaruhi pada pengalaman. Selain itu materi kubus dan balok merupakan mareti bangun ruang (dimensi tiga) yang mana membutuhkan imajinasi yang tinggi bagi setingkat SMP/sederajat. Maka dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing (Inquiry Learning) peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran dan mempunyai pengalaman dalam proses pembelajaran. adanya alat peraga membantu peserta didik dalam daya tilik ruang dimensi tiga dan menurunkan tingkat keabstrakan menuju konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing (Inquiry Learning) dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok kubus dan balok. 2) Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII E pada materi pokok kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjamya sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Bagi peserta didik, PTK bermanfaat untuk meningkatkan proses/ hasil belajar dan bersifat kritis terhadap hasil belajarnya. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik diperoleh dari 1 tahun yang lalu. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari setiap siklus akan diukur keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar pada pra siklus adalah 54.75 dan 52.5%, sedangkan persentase keaktifan peserta didik adalah 33%. Setelah dilakukan siklus I rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan adalah 63.85dan 62.5%, sedangkan persentase keaktifan peserta didik adalah 60.16%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar adalah 73.40 dan 86.84%, sedangkan persentase keaktifan peserta didik adalah 78.20%. Dari hasil tersebut disimpulkan dengan penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing (Inquiry Learning) dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok kubus dan balok dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII E MTs N 1 Semarang tahun pelajaran 2009/2010.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Inquiry Learning; Media pembelajaran; Hasil belajar; Geometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing:Saminanto, S.Pd., M.Sc.; Ahwan Fanani, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 10 Feb 2015 06:48
Last Modified: 10 Feb 2015 06:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item