Strategi dan Metode Pembelajaran di Madrasah Aliyah

Umi Hanik, Siti (2010) Strategi dan Metode Pembelajaran di Madrasah Aliyah. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
UmiHanik_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UmiHanik_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UmiHanik_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UmiHanik_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UmiHanik_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UmiHanik_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (129kB) | Preview

Abstract

Naskah ini merupakan laporan hasil penelitian tentang “STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH” yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan akademis, yaitu bagaimana strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan di madrasah aliyah, apa saja faktor-faktor yang mendukung dalam penerapan strategi, kiat-kiat menghadapi ujian nasional serta faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berkarakter deskriptif. Dalam kegiatan ini peneliti tidak menggunakan angka dalam mengumpulkan data dan dalam memberikan penafsiran terhadap hasilnya. Karakter penelitian ini tujuan utamanya untuk menerangkan apa adanya atau apa yang ada sekarang. Karakter deskriptif terlihat pada penggambaran penerapan strategi dan metode pembelajaran di madrasah aliyah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan di madrasah aliyah adalah CTL (Contextual Teaching and Learning), Reading Guide (Bacaan Terbimbing), Writing In The Here and Now (Menulis pengalaman secara langsung) dan Jigsaw. Dengan beberapa strategi di atas, dalam penerapannya guru mengembangkan rancangan pembelajaran sesuai dengan hakikat pembelajaran dalam KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), karena tidak semua strategi pembelajaran cocok digunakan untuk mencapai semua kompetensi dan semua keadaan. Penerapan metode pembelajaran di madrasah aliyah disesuaikan dengan strategi pembelajaran yang digunakan, karena pada dasarnya metode pembelajaran digunakan berangkat dari suatu strategi tertentu yang diterapkan. Ada beberapa macam metode pembelajaran yang sering digunakan guru madrasah aliyah dalam proses pembelajaran antara lain: metode ceramah, Tanya jawab, diskusi dan lain-lain. Selain itu penulis menemukan beberapa kiat menghadapi dan mensukseskan ujian nasional. Karena dalam tiga tahun terakhir prosentase kelulusan di madrasah aliyah mengalami peningkatan. Secara umum di madrasah aliyah dalam menghadapi ujian nasional mengadakan les (penambahan materi ujian nasional di luar jam pembelajaran), bimbingan belajar, try out, dan tim sukses. Khusus program IPA yang merupakan kajian penelitian, pertahun prosentase hasil lulusan semakin meningkat. Pada tahun 2007 prosentase hasil lulusan mencapai 90,53%, Tahun 2008 meningkat 90,64%, dan pada tahun 2009 meningkat menjadi 96,42%. Madrasah aliyah sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas agama Islam, diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang handal, memiliki keseimbangan penguasaan konsep-konsep dasar imtak dan iptek, dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang mendukung nilai-nilai religious, professional dan berakhlak mulia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Madrasah Aliyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Dec 2013 08:01
Last Modified: 02 Dec 2013 08:01
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item