Inovasi kurikulum di Pondok Pesantren Taman Pelajar Islam Al Hidayah Plumbon Limpung Batang

Saiful Munir, Akhmad (2014) Inovasi kurikulum di Pondok Pesantren Taman Pelajar Islam Al Hidayah Plumbon Limpung Batang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111018_coverdll.pdf - Cover Image

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111018_bab1.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111018_bab2.pdf - Accepted Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111018_bab3.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111018_bab4.pdf - Accepted Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111018_bab5.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111018_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (143kB) | Preview

Abstract

Pengembangan kurikulum merupakan sesuatu yang hal dapat terjadi kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dan bernegara merupakan hal-hal yang harus segera ditanggapi dan dipertimbangkan dalam pengembangan kurikulum pada setiap lembaga pendidikan, termasuk lembaga pendidikan di pesantren. Kondisi masa sekarang dan kecenderungan yang akan terjadi di masa mendatang menuntut adanya persiapan dari generasi muda dan peserta didik yang memiliki kompetensi multidimensional. Maka dari itu pengembangan kurikulum harus mampu mengantisipasi segala persoalan yang dihadapi masa sekarang dan masa yang akan datang. Dari deskripsi diatas, Maka Skripsi ini mengkaji tentang pelaksanaan inovasi kurikulum di pondok pesantren Taman Pelajar Islam (TPI) Al-Hidayah Plumbon Limpung Batang. Dalam penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana Inovasi kurikulum yang ada di Pondok Pesantren TPI Al-Hidayah? (2) Bagaimana karakteristik Inovasi Kurikulum di Pondok Pesantren TPI Al-Hidayah?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren TPI Al-Hidayah Plumbon Limpung Batang, dengan melalui pendekatan metode Deskriptif. Adapun data-datanya di ambil melalui observasi, wawancara bebas, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terhimpun kemudian dianalisis dengan pendekatan analisis sebelum di lapangan, analisis selama di lapangan, mereduksi data, penyajian data dan conclusion drawing/penarikan kesimpulan. Kajian ini menunjukkan bahwa (1) proses inovasi kurikulum di pondok pesantren TPI Al-Hidayah Plumbon Limpung Batang pada komponen metode dan proses pembelajaran sudah mengadopsi sekolah formal yang pada umumnya tidak dilakukakan di Pesantren Salaf lainnya. Sedangkan dalam sistem pendidikannya sudah memadukan sistem salaf dengan sistem modern. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kwalitas pendidikan yang ada di pesantren, sehingga pesantren TPI Al-Hidayah ini dapat eksis di tengah-tengah arus global yang sarat akan kompetitif. (3) Karakteristik inovasi kurikulum memiliki karakteristik yang kontekstual dimana kurikulum dan sistem yang diterapkan selalu mencari nilai-nilai positif dalam setiap perkembangannya. Hal itu dilakukan dengan cara selalu menjaga, melestarikan, dan mengadopsi kurikulum maupun sistem pembelajaran baru yang lebih baik dan sesuai dengan realitas tantangan zaman.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Inovasi kurikulum; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Agus Khunaifi, M.Ag
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 11 Mar 2015 01:43
Last Modified: 11 Mar 2015 01:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3641

Actions (login required)

View Item View Item