Pengaruh pelayanan dan biaya terhadap kepuasan dan minat beli ulang berobat rawat jalan (studi kasus pasien rawat jalan RSI NU Demak)

Umaroh, Siti Inayatu (2014) Pengaruh pelayanan dan biaya terhadap kepuasan dan minat beli ulang berobat rawat jalan (studi kasus pasien rawat jalan RSI NU Demak). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
102411119_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411119_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411119_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411119_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411119_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102411119_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (100kB) | Preview

Abstract

Pelayanan merupakan kunci dari kepuasan dan minat beli ulang pasien (konsumen). Untuk mewujudkan pelayanan yang baik RSI NU Demak dalam perkembangannya dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pasiennya dengan memperhatikan dimensi pelayanan itu sendiri yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Tidak hanya masalah pelayanan saja, harga juga menjadi hal yang sangat penting bagi pasien untuk memilih rumah sakit yang digunakan untuk berobat. Biasanya biaya yang baik dan masuk akal tercipta kepuasan pasien. Hal tersebut dapat dilihat dari tiga tahun terakhir RSI NU Demak mengalami pasang surut jumlah pasien. Dari latar belakang tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh pelayanan dan biaya terhadap kepuasan dan minat beli ulang berobat rawat jalan (studi kasus pasien rawat jalan RSI NU Demak)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelayanan dan biaya di RSI NU Demak, untuk menjelaskan tingkat kepuasan dan minat beli ulang di RSI NU Demak, serta untuk mengetahui pelayanan dan biaya berpengaruh terhadap kepuasan dan minat beli ulang pasien rawat jalan di RSI NU Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada pasien rawat jalan RSI NU Demak dan hasil wawancara dengan kepala bagian rekam medis dan pasien rawat jalan RSI NU Demak. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda, analisis deskriptif variabel penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa, sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 16.00 for windows. Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh regresi linier berganda, Y1 = -0.358 + 0.886 X1 + 0.191 X2 dan Y2 = -0.065 + 0.651 X1 + 0.312 X2. Besarnya pengaruh pelayanan dan biaya terhadap kepuasan adalah 62.5 %, sedangkan pengaruh pelayanan dan biaya terhadap minat beli ulang adalah 36.3 %. Dari hasil perhitungan secara simultan diperoleh F hitung sebesar (80.919) dan (27.597) dengan tingkat probabilitas sama yaitu 0.000 lebih kecil dari 0.05. Hal tersebut berarti secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelayanan dan biaya terhadap kepuasan dan minat beli ulang pasien rawat jalan RSI NU Demak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelanggan; Pasien rawat jalan; Pelayanan pasien; Biaya perawatan; Rumah Sakit Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hasyim Syarbani, MM.; Supangat, S. Ag., M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Mar 2015 07:14
Last Modified: 16 Mar 2015 07:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3675

Actions (login required)

View Item View Item