Pengaruh persepsi siswa tentang aspek kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 23 Semarang

Shodiqin, Shodiqin (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang aspek kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 23 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093111104_coverdll.pdf]
Preview
Text
093111104_coverdll.pdf - Cover Image

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 093111104_bab1.pdf]
Preview
Text
093111104_bab1.pdf - Accepted Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 093111104_bab2.pdf]
Preview
Text
093111104_bab2.pdf - Accepted Version

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of 093111104_bab3.pdf]
Preview
Text
093111104_bab3.pdf - Accepted Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 093111104_bab4.pdf]
Preview
Text
093111104_bab4.pdf - Accepted Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of 093111104_bab5.pdf]
Preview
Text
093111104_bab5.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 093111104_bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111104_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aspek kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 23 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana, yang dilaksanakan di SMP N 23 Semarang. Subyek penelitian sebanyak 57 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk mendapatkan data variabel X dan Y.
Dalam uji hipotesis penelitian ini digunakan analisis regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara aspek kompetensi guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 23 Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 5% diperoleh harga = 16,565 sedangkan = 4.02. Dari hasil interpretasi diperoleh bahwa > sehingga dapat disimpulkan bahwa hasilnya signifikan. Variasi nilai pengaruh aspek kompetensi guru PAI siswa terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 23 Semarang dapat dilihat melalui fungsi taksiran Y = 30,029 + 0,5104X.
Sedangkan koefisien determinasi yang dihasilkan adalah =
0,2314 Ini berarti Aspek kompetensi pedagogik pengaruh sebesar 23.14% terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP N 23 Semarang. Sisanya 76.86 % adalah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan tenaga pendidik, kepala sekolah, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : H. Ridwan, M.Ag., Ahmad Muthohar, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik; guru; motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 23 Mar 2015 08:21
Last Modified: 23 Mar 2015 08:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3772

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics