Profil guru ideal menurut Al-Qur’ān Surat Al-Kahfi ayat 71-82

Jazuli, Syukron (2014) Profil guru ideal menurut Al-Qur’ān Surat Al-Kahfi ayat 71-82. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093111114_coverdll.pdf]
Preview
Text
093111114_coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111114_bab1.pdf]
Preview
Text
093111114_bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111114_bab2.pdf]
Preview
Text
093111114_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111114_bab3.pdf]
Preview
Text
093111114_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111114_bab4.pdf]
Preview
Text
093111114_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111114_bab5.pdf]
Preview
Text
093111114_bab5.pdf - Accepted Version

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of 093111114_bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111114_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (113kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa guru sebagai tenaga kependidikan yang bertanggung jawab atas pendidikan anak di lembaga pendidikan haruslah dibekali dengan kemampuan untuk mendidik sehingga jalannya proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Oleh karena tanggung jawabnya yang tinggi itulah maka guru dituntut memiliki persyaratan tertentu agar dapat menjadi guru ideal yang mampu mencerdaskan kehidupan umat manusia dan mengarahkannya untuk senantiasa beribadah kepada Allah dan berakhlak mulia. Al-Qur’ān surat Al-Kahfi ayat 71-82 mampu menginspirasi banyak kalangan di dunia pendidikan, termasuk di dalamnya guru dengan menampilkan pribadi Khiḍir a.s. seorang tokoh guru yang ideal dan disegani oleh siswanya. Khiḍir a.s. sebagai seorang guru mampu memberikan yang pembelajaran secara proporsional terhadap siswanya. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana profil guru ideal yang terdapat dalam surat al-Kahfi ayat 71-82 yang digambarkan oleh pribadi Khiḍir a.s.
Penelitian ini menggunakan metode riset perpustakaan (library research) menggunakan analisis data dengan teknik tahlili (analitik). Yaitu suatu metode penafsiran yang berusaha menjelaskan al-Quran dengan menguraikan berbagai seginya dan menjelaskan apa yang dimaksudkan oleh al-Quran. Dalam metode ini seorang mufassir harus menafsirkan ayat-ayat al-Quran, ayat demi ayat dan surat demi surat sesuai dengan urutan dalam mushaf. Menguraikan kosa kata lafadz surat sesuai dengan urutan dalam mushaf serta menjelaskan arti yang dikehendaki sasararan yang dituju dalam kandungan ayat dan mengemukakan kaitan antara ayat-ayat dan relevansinya dengan surat sebelum dan sesudahnya yang merujuk pada asbabun nuzul.
Hasil penelitian menunjukkan Profil Guru ideal yang ditampilkan Khiḍir a.s. dalam surat al-Kahfi 71-82 adalah guru yang menguasai materi, bijaksana, tegas dalam menegakkan peraturan, memahami psikologis muridnya, ikhlas, pemaaf, bertanggung jawab, variatif, dialogis dan akomodatif, serta memberi nasihat kepada murid. Profil ideal yang ditampilkan Khiḍir a.s. (Guru) adalah sebuah keharusan untuk dicontoh dan dilakukan oleh guru saat ini dan masa mendatang sebab kriteria-kriteria tersebut di atas sangat relevan dengan pendidikan dewasa ini dan penting dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam rangka mempersiapkan anak didik yang siap bersaing dalam kompetisi di era global saat ini. Kriteria-kriteria tersebut tidak hanya memperhatikan aspek-aspek personal religi saja, akan tetapi juga memperhatikan kompetensi guru yang harus selalu ditingkatkan. Artinya, kriteria-kriteria tersebut juga memperhatikan peningkatan profesionalisme guru guna tercapainya tujuan pendidikan secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Saifudin Zuhri, M.Ag. ; H. Mursid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Profil guru; Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 25 Mar 2015 06:46
Last Modified: 25 Mar 2015 06:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3794

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics