Implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih bab shalat kelas III semester gasal di SDN 02 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2009/2010

Kholipah, Nur (2009) Implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih bab shalat kelas III semester gasal di SDN 02 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3104123 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104123 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104123 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104123 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104123 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104123 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104123 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Lapangan yang bersifat kualitatif. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI di SDN 02 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) Jenis penelitian adalah penelitian lapangan kualitatif; 2) Sumber data primer penelitian adalah guru PAI dengan data primernya adalah metode demonstrasi dalam PBM PAI di SDN Ngroto 2 Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan; 3) pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara; 4) teknik analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya 1) Implementasi metode demonstrasi yang dilaksanakan pada pembelajaran materi fiqih bab shalat masih hanya terbatas pada konsep dasar dari metode demonstrasi itu sendiri. Akan tetapi jika dikaji dalam konteks hubungan kondisi siswa dengan pola kelompok, maka implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran materi fiqih bab shalat di SD N 02 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan masih kurang memperhatikan aspek kemampuan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan kontadiksi hasil evaluasi, khususnya kelompok siswa dengan kemampuan rendah, antara evaluasi pada tiap pertemuan dengan evaluasi pada pertemuan akhir; 2) Dengan melihat hasil akhir dari evaluasi pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode demonstrasi yang dilaksanakan pada pembelajaran materi fiqih bab shalat di SD N 02 Ngroto Kecamatan gubug Kabupaten Grobogan masih kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan dua faktor yakni: Pertama, faktor yang berhubungan dengan perbedaan kemampuan siswa kaitannya dengan pola pembentukan kelompok. Kedua tidak adanya metode pendukung yang dapat mengantisipasi resiko karakteristik bermain pada fase anak. Pada satu sisi karakter ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk menentukan metode yang berkesesuaian dengan keadaan siswa. Namun di sisi lain, kekhawatiran akan muncul manakala karakteristik bermain dengan teman sebaya pada fase anak cenderung lebih besar. Maksudnya adalah manakala karakteristik bermain dengan teman sebaya lebih besar, maka dikhawatirkan anak akan lebih senang bermain dengan teman sebaya selepas atau setelah selesai jam sekolah sehingga mereka akan melupakan materi pembelajaran karena keasyikan bermain dengan teman sebaya. Oleh sebab itu, perlu adanya metode lainnya sebagai pendukung untuk suksesnya metode demonstrasi. Dengan demikian, keberhasilan implementasi metode demonstrasi dapat diperoleh apabila memperhatikan kedua faktor tersebut. Melihat hasil tersebut, maka perlu adanya pengembangan dalam implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran materi fiqih di SD N 02 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nur Uhbiyati, M.Pd.; Drs. Darmuin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode demonstrasi; Fiqih; Shalat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 01 Apr 2015 07:56
Last Modified: 01 Apr 2015 07:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item