Efektivitas model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar Matematika peserta didik pokok bahasan segitiga semester II kelas VII MTs Negeri Margoyoso Pati tahun pelajaran 2008/2009

Husin, Abdullah (2009) Efektivitas model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar Matematika peserta didik pokok bahasan segitiga semester II kelas VII MTs Negeri Margoyoso Pati tahun pelajaran 2008/2009. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3104129 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104129 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104129 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104129 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104129 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104129 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3104129 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Quantum Teaching efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi segitiga di MTs Negeri Margoyoso Pati. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII MTs Negeri Margoyoso, Kec Margoyoso Kabupaten Pati. Pada pengambilan sampel digunakan metode cluster sampling, dan diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran Quantum Teaching), dan kelas VII C sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok subjek yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen), dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data mengenai kelas eksperimen, kelas kontrol, dan kelas uji coba instrumen. Tes diberikan setelah peserta didik kelas eksperimen diberi perlakuan, dan tes tersebut juga diberikan pada kelas kontrol. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda pada kelas uji coba instrumen. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. diperoleh thitung = 2,811, dan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 1,66 dengan , dan dk = 34 + 34 - 2 = 66. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, jadi H : μ1 > μ2 diterima. Artinya, bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi segitiga berbeda secara nyata dari rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 65.67, dan rata-rata kelas kontrol = 58,7. Hal tersebut nampak bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi segitiga lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Quantum Teaching efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi segitiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Quantum teaching; Hasil belajar Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Hj. Minhayati Saleh, M.Sc.; Drs. Widodo Supriyono, M.A.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 01 Apr 2015 08:00
Last Modified: 01 Apr 2015 08:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item View Item