Efektivitas Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answers Berbantuan Media terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Himpunan Kelas VII MTs NU Nurul Huda Mangkangkulon Tugu Kota Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

Fatah, Abdul (2013) Efektivitas Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answers Berbantuan Media terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Himpunan Kelas VII MTs NU Nurul Huda Mangkangkulon Tugu Kota Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083511003_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511003_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511003_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511003_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511003_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511003_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511003_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas strategi pembelajaran giving question and getting answers (GQGA) berbantu media terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang mengalami kesulitan dalam melukiskan macam-macam himpunan dalam gambar diagram venn. Salah satu tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menjawab permasalahan: Apakah strategi pembelajaran giving question and getting answers berbantu media efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok himpunan kelas VII M.Ts. N.U. Nurul Huda kota Semarang tahun pelajaran 2011/2012? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari lima kelas. Dengan melakukan perhitungan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan dua rata-rata terhadap populasi yang menggunakan nilai ujian semester gasal, diperoleh bahwa sampel dari populasi penelitian ini adalah kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Keduanya dalam keadaan normal, homogen serta memiliki kesamaan rata-rata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Setelah mendapatkan data hasil penelitian dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan analisis hasil penelitian untuk menguji hipotesis. Dalam uji hipotesis tersebut, peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan pada perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% maka diperoleh thitung = 2,404 dan t tabel = 1,66. Karena t hitung> t tabel maka rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dengan strategi pembelajaran giving question and getting answers berbantu media lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai rata-rata kelas eksperimen = 68,58 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 60,73. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi pembelajaran giving question and getting answers berbantu media efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII semester genap pada materi pokok himpunan di M.Ts. N.U. Nurul Huda Kota Semarang tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Giving Question and Getting Answers; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2013 06:38
Last Modified: 03 Dec 2013 06:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item