Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan metode Examples non Examples terhadap hasil belajar materi sel siswa kelas VII MTs Darul Ulum Demak

Hikmah, Dewi Nur (2014) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan metode Examples non Examples terhadap hasil belajar materi sel siswa kelas VII MTs Darul Ulum Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103811005_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103811005_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103811005_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103811005_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103811005_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103811005_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103811005_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Examples Non Examples efektif terhadap hasil belajar materi Sel siswa kelas VII M.TS Darul Ulum Demak tahun ajaran 2013/2014. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif jenis pra eksperimen dan berdesain one shot case study, yang dilaksanakan di M.TS Darul Ulum Demak. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII M.TS Darul Ulum Demak, yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC, dan VIID. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adlah teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIIB M.TS Darul Ulum Demak. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran biologi materi struktur sel dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Examples Non Examples. Setelah pembelajaran selesai kelas eksperimen diberi post test. Nilai Post test digunakan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Examples Non Examples lebih besar dari KKM yang ditentukan dari pihak sekolah atau tidak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode observasi dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar materi struktur sel setelah dikenai perlakuan (Treatment). Metode observasi digunakan untuk mengamati penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Examples Non Examples di dalam kelas. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan mendapatkan data mengenai nama, dan nilai hasil belajar siswa. Untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi pengujian validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran yang dilakukan penulis di M.TS Darul Ulum Demak. Data hasil penelitian yang telah terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t. uji t yang digunakan dalam penelitian adalah uji t pihak kanan. Berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikansi = 5% diperoleh thitung = 3,384 sedangkan ttabel = 1,6971. Karena thitung>ttabel berarti rata-rata hasil belajar siswa materi struktur sel yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Examples Non Examples lebih besar dari pada KKM. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 76,06 sedangkan KKM yang ditentukan dari sekolah adalah 70, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Examples Non Examples efektif terhadap hasil belajar Biologi materi struktur sel pada siswa kelas VII M.TS Darul Ulum Demak tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Teams Games Tournament; Hasil Belajar; Biologi; Sel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 572 Human races
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Additional Information: Pembimbing: Dr. Lianah, M. Pd.; Dr. Dwi Mawanti, M.A.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Apr 2015 09:26
Last Modified: 07 Apr 2015 09:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3903

Actions (login required)

View Item View Item