Studi komparasi hasil belajar kognitif materi sistem pencernaan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan siswa yang belajar mandiri, kelas VIII M.Ts. Al Khoiriyyah Semarang tahun ajaran 2013/2014

Amalia, Ilma (2014) Studi komparasi hasil belajar kognitif materi sistem pencernaan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan siswa yang belajar mandiri, kelas VIII M.Ts. Al Khoiriyyah Semarang tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103811031_Skripsi_lengkap.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar disekolah formal, guru lebih mengutamakan selesainya materi yang harus disampaikan pada siswanya tanpa memperdulikan siswa tesebut memahaminya atau tidak, ketidak pedulian tersebut mengakibatkan semakin menurunnya nilai hasil belajar, dan menjadikan kehawatiran bagi para orang tua siswa. Selain itu adanya persaingan antar teman sebaya dalam memperoleh hasil belajar yang tinggi, serta tuntutan orang tua untuk dapat masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya (SMA), dari permasalahan-permasalahan tersebut sehingga orang tua mengambil alternatif menambah jam belajar anak-anaknya dengan mengikutsertakan mereka pada lembaga bimbingan belajar nonformal. Akan tetapi tidak semua orang tua dapat mengatasi hal tersebut dengan ikut serta dalam lembaga bimbingan belajar, karena tidak semua orang tua memiliki kondisi ekonomi yang tinggi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana hasil belajar kognitif materi sistem pencernaan siswa yang mengikuti Bimbingan Belajar kelas VIII M.Ts. Al Khoiriyyah Semarang? (2) Bagaimana hasil belajar kognitif materi sistem pencernaan siswa yang belajar mandiri kelas VIII M.Ts. Al Khoiriyyah Semarang? (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar kognitif materi sistem pencernaan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan siswa yang belajar mandiri kelas VIII M.Ts. Al Khoiriyyah Semarang? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Teknik pengumpulan data meliputi; data kepustakaan, data lapangan yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII M.Ts. Al Khoiriyyah Semarang tahun ajaran 2013/1014 yang berjumlah 33 siswa, dengan teknik sampling penuh atau jenuh. Data hasil penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t-tes. Dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif materi sistem pencernaan siswa yang mengikuti bimbingan belajar pada kelas VIII M.Ts. Al Khoiriyyah Tahun Ajaran 2013/2014 mempunyai rata-rata 63,33, dalam kategori jelek karena berada dibawah nilai KKM, nilai KKMnya adalah 65, sedangkan hasil belajar kognitif materi sistem pencernaan siswa yang belajar mandiri mempunyai rata-rata 65,56 dalam kategori baik karena berada diatas nilai KKM. Hasil analisis statistik bahwa nilai t sebesar -0,578 lebih kecil dari ttabel yaitu 2,04. Jadi hipotesa alternatif (Ha) yang diajukan yaitu ada perbedaan adalah ditolak, dan hipotesa nihil (Ho) yang mengatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan adalah diterima. Mengacu dari hasil penelitian tersebut, maka peneliti dapat mengajukan saran yang diberikan yaitu: guru mata pelajaran diharapkan melakukan penelitian tindak kelas, karena dari hasil yang diperoleh nilai ulangan materi sistem pencernaan mendapatkan nilai yang kurang maksimal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif; Biologi; Belajar mandiri; Bimbingan belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Apr 2015 08:26
Last Modified: 07 Apr 2015 08:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3904

Actions (login required)

View Item View Item