Efektivitas penggunaan media flash materi organisasi kehidupan untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VII MTS Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Pati tahun akademik 2014/2015

Mohtohar, Juli (2014) Efektivitas penggunaan media flash materi organisasi kehidupan untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VII MTS Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Pati tahun akademik 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 103811014_Coverdll.pdf]
Preview
Text
103811014_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of 103811014_Bab1.pdf]
Preview
Text
103811014_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 103811014_Bab2.pdf]
Preview
Text
103811014_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 103811014_Bab3.pdf]
Preview
Text
103811014_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (999kB) | Preview
[thumbnail of 103811014_Bab4.pdf]
Preview
Text
103811014_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 103811014_Bab5.pdf]
Preview
Text
103811014_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 103811014_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
103811014_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (98kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektifitas penggunaan media flash yang digunakan oleh guru Mata pelajaran IPA dalam memotivasi belajar peserta didik kelas VII di Mts. Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana. Penelitian ini dilatarbelakangi karena peserta didik yang merasa kesulitan dan kurang tertarik dengan pelajaran IPA(Biologi). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana Efektifitas Penggunaan Media Flash Materi Organisasi Kehidupan Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas VII MTs. Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Pati?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Patipada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode wawancara, metode observasi, dan metode angket. Dari metode dokumentasi didapat jumlah populasi siswa kelas VII. Teknik angket diberikan untuk mendapatkan data akhir hasil angket motivasi siswa yang dijadikan bahan pengukuran dalam penelitian.
Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata pra perkaluan 1 = 64,07 dan rata-rata pasca perlakuan 2 = 64,47 dengan n1 = 30 dan n2 = 30 diperoleh thitung = 0.483. Dengan α = 5% diperoleh ttabel = 1,699. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS diperoleh data thitung ≤ ttabel, maka dapat disimpulkan penolakan terhadap Ho. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil angket paska perlakuan lebih tinggi di bandingkan dengan rata-rata hasil angket pra perlakuan, maka dapat dikatakan bahwa media flash efektif untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VII materi organisasi kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Media flash; Motivasi belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Apr 2015 09:16
Last Modified: 22 May 2021 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3911

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics