Efektivitas implementasi pendekatan perbedaan individual (individualized instruction) terhadap prestasi belajar biologi kelas XI MA NU Raudlatul Mu’allimin materi struktur dan fungsi jaringan hewan
Robi’ah, Robi’ah (2014) Efektivitas implementasi pendekatan perbedaan individual (individualized instruction) terhadap prestasi belajar biologi kelas XI MA NU Raudlatul Mu’allimin materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
103811034_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (611kB) | Preview
103811034_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (315kB) | Preview
103811034_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (500kB) | Preview
103811034_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (248kB) | Preview
103811034_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (309kB) | Preview
103811034_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (136kB) | Preview
103811034_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (84kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas efektivitas implementasi pendekatan perbedaan individual (individualized instruction) terhadap prestasi belajar. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perbedaan yang sangat beragam dari setiap individu peserta didik dalam kemampuannya memahami materi, terdapat anak yang cepat, anak yang sedang, dan anak yang lambat. Perbedaan kesiapan dan kecepatan belajar tersebut perlu mendapatkan pelayanan yang tidak sama. Maka dibutuhkan pendekatan perbedaan individual (individualized instruction). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Pendekatan perbedaan individual (individualized instruction) efektif terhadap prestasi belajar biologi kelas XI MA NU Raudlatul Mu’allimin materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif survey yang dilaksanakan di MA NU Raudlatul Mu’allimin Wedung Demak Kelas XI IPA materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Datanya diperoleh dengan cara observasi partisipan, metode tes, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik dengan uji t satu pihak, pihak kanan.
Dari hasil analisis uji hipotesis dengan uji t satu pihak kanan, diperoleh hasil bahwa nilai thitung > ttabel, yaitu 4,818182 > 1,684 dengan taraf signifikansi 5%. Maka kriteria pengujian Ho diterima dan Ha ditolak, karena nilai rata-rata ulangan (75,3) lebih besar dari nilai KKM (70). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan perbedaan individual (individualized instruction) yang dilakukan oleg guru efektif terhadap prestasi belajar biologi kelas XI MA NU Raudlatul Mu’allimin materi struktur dan fungsi jaringan hewan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi kepada para tenaga pengajar untuk dapat melakukan pendekatan perbedaan individual (individualized instruction) dalam proses pembelajaran, dengan begitu setiap individu peserta didik mendapatkan pelayanan pengajaran sesuai dengan kemampuan belajarnya, sehingga meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; Pendekatan individual; Prestasi belajar; Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 08:56 |
Last Modified: | 22 May 2021 02:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3913 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year