Efektivitas metode inquiry terhadap hasil belajar materi pencemaran dan kerusakan lingkungan kelas VII MTS Taqwal Ilah Meteseh Tembalang Semarang

Maghfuranh, Akhmad (2014) Efektivitas metode inquiry terhadap hasil belajar materi pencemaran dan kerusakan lingkungan kelas VII MTS Taqwal Ilah Meteseh Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083811003_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083811003_Coverdll.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penulisan skripsi ini yang menjadi latar belakang masalah adalah “Keprihatinan terhadap kondisi lingkungan dan pentingnya penanaman cinta terhadap lingkungan pada peserta didik melalui pembelajaran dengan metode inquiry, khususnya dalam pembelajaran materi pencemaran dan kerusakan lingkungan”.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah proses pembelajran dengan metode inquiry (2) apakah metode inquiry efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan kelas VII MTs Taqwal Ilah Meteseh Tembalang Semarang?
Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) metode dokumentasi berupa data nilai hasil belajar peserta didik pada semester sebelumnya (2) metode tes melalui post test yang dilakukan setelah peneliti memberikan treatment dengan penerapan metode inquiry pada saat pembelajaran berlangsung (3) metode observasi digunakan untuk memperoleh data serta keterangan tentang keadaan dan fasilitas yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan bentuk Control group Pre-test Post-test dengan teknik analisis uji t.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) dengan penerapan metode inquiry pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan mampu mengembangkan potensi berpikir peserta didik dan mampu menimbulkan suasana pembelajaran yang efektif dan dinamis (2) peningkatan pemahaman peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar ternyata diikuti dengan peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 70,85 sedangkan kelas kontrol yang tetap dengan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 67,42. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan metode inquiry berperan efektif terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan setiap pembelajaran menggunakan metode-metode yang bervariatif dan sesuai dengan materi yang dipelajari. Sebenarnya segala sesuatu yang berada di sekitar lingkungan kita hidup terdapat sumber belajar yang sangat bermakna dan menyenangkan. Dengan penerapan pembelajaran yang menyenangkan tentunya akan menggugah daya tarik dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Kerusakan lingkungan; Pencemaran lingkungan; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Apr 2015 09:14
Last Modified: 22 May 2021 02:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics