Korelasi Tingkat Kepribadian Ekstrovert dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MA Yaspia Ngroto Gubug Grobogan Tahun ajaran 2011/2012

Bari, Rahmatul (2012) Korelasi Tingkat Kepribadian Ekstrovert dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MA Yaspia Ngroto Gubug Grobogan Tahun ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083511023_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511023_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511023_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511023_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511023_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511023_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511023_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tingkat kepribadian ekstrovert memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar peserta didik kelas XI MA YASPIA Ngroto Gubug Grobogan tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Dalam penelitian ini, kedua variabel tersebut adalah (1) tingkat kepribadian ekstrovert peserta didik kelas XI MA YASPIA Ngroto tahun ajaran 2011/2012, dan (2) hasil belajar matematika peserta didik kelas XI MA YASPIA Ngroto tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh populasi yang berjumlah 102 peserta didik. Untuk mengetahui tingkat kepribadian ekstrovert peserta didik digunakan angket kepribadian. Hasil angket tersebut kemudian dianalisis, sehingga dapat diketahui bahwa peserta didik kelas XI MA YASPIA Ngroto memiliki kecenderungan ekstrovert yang variatif, yaitu 2 orang dengan kategori “Kurang Sekali”, 4 orang “Kurang”, 13 orang “Normal”, 23 orang “Agak Tinggi”, 42 orang “Cukup Tinggi”, 17 orang “Tinggi”, dan 1 orang dengan kategori “Tinggi Sekali”. Sedangkan data hasil belajar peserta didik diperoleh dari nilai murni tes semester gasal yang telah mereka selesaikan. Dari sini diketahui bahwa sebanyak 100% peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM yang ditentukan. Langkah selanjutnya yaitu mencari koefisien korelasi antara tingkat kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar matematika menggunakan korelasi product moment. Dengan teknik tersebut diketahui bahwa antara tingkat kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar matematika memiliki koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,096. Nilai ini dikonsultasikan dengan nilai r tabel untuk taraf kesalahan 5% dengan n= 102 yaitu 0,1946 dan uji korelasi diterima apabila rhitung > rtabel. Sedangkan pada uji ini ditemukan bahwa rhitung < rtabel, yaitu 0,096 < 0,1946 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI MA YASPIA Ngroto Gubug Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. 

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Ekstrovert; Matematika; Hasil Belajar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2013 07:23
Last Modified: 03 Dec 2013 07:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item