Efektivitas strategi product, promotion, price dalam meningkatkan image sekolah dan loyalitas orang tua siswa PAUD (studi pada lembaga pendidikan anak usia dini Islam) Kota Semarang)

Fahrurrozi, Fahrurrozi (2014) Efektivitas strategi product, promotion, price dalam meningkatkan image sekolah dan loyalitas orang tua siswa PAUD (studi pada lembaga pendidikan anak usia dini Islam) Kota Semarang). Research report (Laporan penelitian). LP2M IAIN Walisongo, Semarang. (Submitted)

[img]
Preview
Image
Fahrurrozi-cover.jpg - Presentation

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fahrurrozi-Image_Sekolah.pdf - Submitted Version

Download (608kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenis pendidikan yang saat ini banyak diminati masyarakat. Usia dini merupakan masa perkembangan dimana terjadi lonjakan luar biasa dan menentukan periode berikutnya. Para ahli menyebutnya sebagai usia perkembangan emas (golden age). Pertambahan usia anak membutuhkan rangsangan pendidikan yang lebih lengkap untuk peningkatan pertumbuhan dan aspek-aspek perkembangannya. Tingginya minat masyarakat terhadap PAUD, salah satunya ditandai dengan semakin maraknya pendirian PAUD, termasuk di antaranya PAUD berkarakteristik Islam seperti RA dan TK Islam. Merespon tingginya minat masyarakat terhadap PAUD, lembaga-lembaga pendidikan menerapkan berbagai strategi untuk menarik minat masyarakat. Dalam konteks inilah, maka penelitian ini dilakukan atas dasar tiga rumusan masalah, yaitu: 1) Apakah persepsi tentang produk, promosi, dan harga efektif meningkatkan image PAUD Islam? 2) Apakah persepsi produk, promosi, harga, dan image efektif meningkatkan loyalitas orang tua siswa PAUD Islam? 3) Apakah image sekolah, sebagai variabel mediator, efektif dalam mempengaruhi hubungan antara strategi pemasaran dan loyalitas orang tua terhadap PAUD Islam? Penelitian ini dilakukan di pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang berkarakteristik Islam dan tersebar di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Lembaga PAUD Islam tersebut antara lain TKI Miftahul Jannah, TKI Masjid Al Azhar, RA Darul Ulum, dan RA Nurul Islam. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket yang telah disiapkan dan disusun sebelumnya. Sampel tersebut diambil secara acak terstratifikasi (stratified random sampling). Adapun jumlah sampel yang berhasil diambil peneliti adalah 132 orang tua siswa dari empat sekolah tersebut. Data-data yang telah terkumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan model analisis jalur (path analysis) yang dibantu dengan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan variabel bebas secara bersama-sama dalam menciptaan image sebesar 65%, sedangkan 35% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Pada coefficients, uji t/parsial terlihat bahwa variabel persepsi tentang Produk (X1) dan Harga (X2) secara statistik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Image (Z). Variabel persepsi tentang Promosi (X2) secara statistik tidak signifikan memengaruhi variabel image (Z). 2) Terdapat pengaruh signifikan variabel bebas (faktor produk, promosi, harga, dan image) secara bersama-sama (simultan) dalam membentuk loyalitas orang tua siswa, yaitu sebesar 62%. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Pada Coefficients, uji t/parsial terlihat bahwa variabel perepsi tentang Produk (X1), Harga (X3) dan Image (Z) secara statistik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel loyalitas orang tua siswa (Y). Sementara itu variabel persepsi tentang Promosi (X2), tidak berbeda dari uji hipotesis pertama, secara statistik tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. 3) Variabel Image (Z) efektif mempengaruhi hubungan antara variabel bebas persepsi tentang Produk (X1) dan Harga (X3) dengan variabel Loyaitas orang tua siswa (Y). Hal tersebut dibuktikann dengan bahwa pengaruh tidak langsung variabel X1 terhadap variabel Y melalui variabel Z adalah sebesar 0,13. Sedangkan pengaruh tidak langsung variabel X3 terhadap variabel Y melalui variabel Z adalah sebesar 0,06.

[error in script]
Item Type: Monograph (Research report (Laporan penelitian))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD); Citra sekolah; Loyalitas orang tua siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Apr 2015 07:58
Last Modified: 10 Apr 2015 07:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3941

Actions (login required)

View Item View Item