Analisis lembar kerja siswa MGMP Matematika Kabupaten Pati kelas IX SMP semester gasal tahun ajaran 2013/2014 berdasarkan taksonomi Bloom dua dimensi

Surakhman, Agus (2014) Analisis lembar kerja siswa MGMP Matematika Kabupaten Pati kelas IX SMP semester gasal tahun ajaran 2013/2014 berdasarkan taksonomi Bloom dua dimensi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093311003_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311003_bab1.pdf - Accepted Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311003_bab2.pdf - Accepted Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311003_bab3.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311003_bab5.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311003_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (245kB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang ada dan berlangsung di masyarakat kita selama ini masih jauh dari kata ideal dan belum sejalan dengan makna pendidikan yang tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003. Dikarenakan pendidikan dewasa ini belum mampu mengahsilkan lulusan yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Maka dari itu perlu dilakukan suatu strategi dalam pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan sebagaimana mestinya. Penelitian ini membahas tentang salah satu strategi dalam pendidikan melalui pendekatan kultural (budaya). Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana perencanaan budaya Islami di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang (2) Bagaimana pelaksanaan budaya Islami di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang (3) Bagaimana pengawasan terhadap budaya Islami di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu jenis penelitan data literal dengan faktor-faktor dalam lapangan, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam penelitian ini adalah proses manajemen budaya Islami di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang. Penelitian menggunakan metode kualitatif sebab lebih mudah menyajikan secara langsung hakekat hubungan antara peneliti dan subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan metode wawancara. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para guru serta pengelola pendidikan, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang khususnya. Dalam hal perencanaan, MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang mampu melaksanakan perencanaan dengan baik, diantaranya: menyusun visi/misi, tujuan, progam-program kegiatan serta peraturan yang didalamnya menitikberatkan pada penanaman budaya Islami demi menghasilkan lulusan yang Berakhlaqul Karimah dan Berkualitas dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Untuk tahapan pelaksanaan, MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang menyertakan penanaman budaya Islami melalui proram-program dan kegiatan yang ada di madrasah misalnya: penyambutan guru pada peserta didik saat tiba di sekolah, apel pagi, tahfidz juz ‘Amma, tadarus, berdoa sebelum melakukan kegiatan, kegiatan shalat wajib dan shalat sunnah, upacara bendera, dll. Selain kegiatan tersebut ada juga kegiatan ekstra kurikuler yang diselenggarakan madrasah sebagai keteladanan dan refleksi, misalnya pesantren kilat bulan Ramadan, pramuka, perkemahan, PHBI, dll. Pada tahapan pengawasan yaitu meliputi: pengawasan yang dilakukan oleh pihak yayasan, pengawasan dari pihak madrasah, dan pengawasan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Selain melakukan pengawasan, ketika terjadi suatu hal yang tidak sesuai dengan rencana maka akan segera dilakukan tindakan pembenahan. Manajemen budaya yang sudah ada di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang perlu ditinjau ulang, karena masih ada kekurangan dan hal-hal yang perlu ditambahkan. Selain itu seluruh warga sekolah wajib mematuhi apa yang menjadi aturan sekolah sehingga manajemen budaya dapat berjalan sebagaimanamestinya

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Taksonomi Bloom; MGMP; Evaluasi pembelajaran; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Nur Uhbiyati, M. Pd.; Dr. Musthofa, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 26 Apr 2015 02:00
Last Modified: 26 Apr 2015 02:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3972

Actions (login required)

View Item View Item