Pengaruh persepsi tentang pelaksanaan manajemen madrasah terhadap kepuasan pengguna di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang

Achmi, Winda Nur (2014) Pengaruh persepsi tentang pelaksanaan manajemen madrasah terhadap kepuasan pengguna di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093311040_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311040_bab1.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311040_bab2.pdf - Accepted Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311040_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311040_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311040_bab5.pdf - Accepted Version

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311040_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (97kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian skripsi ini, yaitu karena MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang merupakan sebuah lembaga pendidikan islam yang memanajemen madrasahnya demi tercapainya visi, misi, dan tujuan pendidikan. Meski dalam tata kelola madrasah yang diterapkan, tidak adanya guru atau karyawan lulusan bidang manajemen, akan tetapi telah menarik perhatian masyarakat dari berbagai daerah yang jauh dari lokasi madrasah berada. Dan bahkan rata-rata orang tua yang menyekolahkan putra-putrinya di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang menyekolahkan semua putranya, tidak hanya satu orang putra saja. Dalam skripsi ini, peneliti membahas tentang Pengaruh Persepsi Tentang Pelaksanaan Manajemen Madrasah Terhadap Kepuasan Pengguna di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana persepsi tentang pelaksanaan manajemen madrasah yang diterapkan di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang? (2) seberapa tinggi tingkat kepuasan pengguna (orang tua siswa) terhadap persepsi penerapan manajemen madrasah yang diterapkan di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang? (3) Apakah ada pengaruh antara persepsi tentang pelaksanaan manajemen madrasah terhadap tingkat kepuasan pengguna di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai korelasional dengan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus Slovin yang mana ukuran sampel keseluruhan bagi satu tambah ukuran populasi dan dikalikan persen kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan. Dari jumlah populasi yaitu 335 siswa, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 43,506 responden (orang tua siswa). Akan tetapi peneliti membulatkan angka tersebut menjadi 44 responden (orang tua siswa). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket untuk memperoleh data X dan Y. Instrumen angket sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, setelah melakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebarkan angket untuk memperoleh data X dan Y dan menguji normalitas, dan uji linieritas data. Barulah peneliti mencari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi. Persepsi tentang pelaksanaan manajemen madrasah yang diterapkan di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang dengan garapan manajemen madrasah dipimpin kepala madrasah dan di dukung oleh guru dan karyawan yang diterapkan, masuk kategori baik, yaitu diperoleh dari perhitungan hasil penelitian nilai rata-rata X (persepsi tentang pelaksanaan manajemen madrasah) yaitu sebesar 124,70, dan dengan standar deviasi dari X (persepsi tentang pelaksanaan manajemen madrasah) yaitu sebesar 17,87. Dengan kurikulum yang dirumuskan sesuai dengan visinya. Dalam hal manajemen tenaga kependidikan, pembinaan dan pengevaluasian para pegawai / pengajar dilakukan setiap semesternya Dalam memanajemen kesiswaan MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang memberikan program bimbingan, penyuluhan serta arahan bagi anak didik yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dalam hal memanajemen keuangan, pihak MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang dilakukan secara transparan, disusun dan selalu dirapatkan bersama dewan guru, komite madrasah, unsur wali murid, dan dikonsultasikan kepada yayasan. Manajemen sarana prasarana yang diterapkan sangat baik terlebih memiliki tim Sarpras tersendiri dalam memanajemeni. Manajemen Humas yang diterapkan pun juga sudah baik dan terdapat kerja sama yang sangat baik antara masyarakat dengan pihak sekolah. Dan dalam pelaksanaan manajemen layanan khusus, MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang memiliki perpustakaan yang lengkap dan dikelola dengan baik, adanya ruang UKS dan dua puluh dokter kecil yang ditatar serta dikoordinasi dari pihak puskesmas, dan adanya empat petugas keamanan yang bergantian dalam menjaga keamanan. Tingkat kepuasan pengguna (orang tua siswa) di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang yang diperoleh hasil penelitian perhitungan nilai rata-rata dari Y (kepuasan pengguna pendidikan/orang tua siswa) sebesar 39,32, dan dengan standar deviasi dari Y (kepuasan pengguna pendidikan/orang tua siswa) yaitu sebesar 6,15, masuk kategori puas. Sedangkan pengaruh persepsi tentang manajemen madrasah yang diterapkan terhadap kepuasan pengguna di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang, peneliti menggunakan uji korelasi product moment dan uji regresi. Dari perhitungan uji korelasi product moment, diperoleh indeks korelasi sebesar = 0,698. Setelah diperoleh indeks korelasi, kemudian dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 5% dengan asumsi, jika berarti signifikan artinya hipotesis diterima. Karena pada taraf signifikan 5%, berarti signifikan artinya hipotesis diterima. Jika di interpretasikan pada tabel skala penafsiran koefisien korelasi, maka tingkat hubungan antara persepsi tentang pelaksanaan manajemen madrasah terhadap kepuasan pengguna (orang tua siswa) MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang adalah kuat. Dari hasil yang diperoleh dari perhitungan uji regresi, maka diperoleh sebesar 39,86, jika maka tolak Ho berarti signifikan. Karena , maka dapat disimpulkan bahwa data bersifat signifikan. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi tentang manajemen madrasah terhadap kepuasan pengguna (orang tua siswa) di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang. peneliti menggunakan uji regresi. Dari hasil yang diperoleh dari perhitungan uji regresi, maka diperoleh sebesar 39,86, jika maka tolak Ho berarti signifikan. Karena , maka dapat disimpulkan bahwa data bersifat signifikan. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi tentang manajemen madrasah terhadap kepuasan pengguna (orang tua siswa) di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Madrasah; Kepuasan pengguna
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Dr. Hj. Nur Uhbiyati, M. Pd.; Drs. H. Karnadi, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Apr 2015 08:51
Last Modified: 27 Apr 2015 08:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item