Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MI se-Kecamatan Mranggen Kab Demak tahun ajaran 2014/2015

Umam, Khotibul (2014) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MI se-Kecamatan Mranggen Kab Demak tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103311014_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311014_bab1.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311014_bab2.pdf - Accepted Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311014_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311014_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311014_bab5.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103311014_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (251kB) | Preview

Abstract

Peran penting kepemimpinan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru, menerapkan kualitas sekolah, dan gerak langkah suatu organisasi sekolah, dikendalikan oleh kepala sekolah. Studi dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kepemimpinan kepala MI se kecamatan Mranggen? (2) Bagaimana kinerja guru MI se kecamatan Mranggen ? (3) Seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru MI Se Kecamatan Mranggen Demak ? Pembahasan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI se Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai korelasional dengan teknik analisis regresi sederhana. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 84 guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket untuk memperoleh data X dan Y. Instrument angket sebelum digunakan untuk memperoleh data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah dilakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X) terhadap kinerja guru (Y), hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi = 0,6928 > 0,213 pada taraf signifikan 5% ini berarti signifikan. Sementara itu 0,6928 > 0,278 pada taraf signifikan 1%, maka dalam hal ini dapat dikatakan signifikan. Dengan demikian dapat diketahui ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap kinerja guru MI di Kecamatan Mranggen Demak. Efektifitas perilaku kepemimpinan Kepala Madrasah serta iklim kerja yang kondusif, dan kompetensi manajerial kepala sekolah yang tinggi, sangat penting diwujudkan dalam usaha meningkatkan kinerja guru. Implikasinya dalam dunia pendidikan, kepala sekolah selaku pimpinan harus senantiasa mengusahakan agar perilaku kepemimpinannya bisa seefektif mungkin dengan cara menyesuaikan perilaku kepemimpinannya dengan situasi kematangan bawahan. Kepemimpinan kepala madrasah mempunyai pengaruh yang positif signifikan dan kuat terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 69,28%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala madrasah; Kinerja guru; Kompetensi guru
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Mustaqim, M. Pd.; Dr. Musthofa Rahman, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Apr 2015 10:11
Last Modified: 27 Apr 2015 10:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item View Item