Pengelolaan media dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI (mapel Fiqh, Al-Qur’an Hadist, Akidah Akhlak, SKI) di MTs NU 08 Gemuh Kendal tahun 2014

Zuhad, Muhammad Miftachuz (2014) Pengelolaan media dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI (mapel Fiqh, Al-Qur’an Hadist, Akidah Akhlak, SKI) di MTs NU 08 Gemuh Kendal tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103311022_Coverdll.pdf]
Preview
Text
103311022_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 103311022_bab1.pdf]
Preview
Text
103311022_bab1.pdf - Accepted Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 103311022_bab2.pdf]
Preview
Text
103311022_bab2.pdf - Accepted Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 103311022_bab3.pdf]
Preview
Text
103311022_bab3.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 103311022_bab4.pdf]
Preview
Text
103311022_bab4.pdf - Accepted Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 103311022_bab5.pdf]
Preview
Text
103311022_bab5.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 103311022_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103311022_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengelolaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI (Mapel Fiqh, Al-Qur’an Hadist, Akidah Akhlak, SKI) di M.Ts N.U 08 Gemuh, Kendal. Adapun kajiannya dilatar belakangi Fenomena yang menguat di Dunia Pendidikan seiring dengan semakin disadarinya kenyataan bahwa SMP/MTs yang terdapat di dalamnya lembaga pendidikan merupakan jantung pekembangan peradaban manusia. Untuk itu sudah semestinya lembaga pendidikan mampu memainkan peran sebagai wahana pembudayaan, pengetahuan dan pendidikan secara holistic integralistik, artinya tidak hanya berkutat pada permasalahan pengetahuan belaka. Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah pengelolaan media (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) dalam hubungannya dengan peningkatan mutu pembelajaran PAI (Mapel Fiqh, Al-Qur’an, Akidah Akhlak, SKI) di M.Ts. N.U 08 Gemuh, Kendal? (2) Apa saja kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam pengelolaan media demi pencapaian mutu pembelajaran PAI (Mapel Fiqh, Al-Qur’an Hadist, Akidah Akhlak, SKI) di M.Ts. N.U. 08 Gemuh, Kendal?
Penelitian ini termasukjenis penelitian lapangan (field research). Oleh karena itu objek yang diteliti berupa objek di lapangan yang sekiranya mampu memberikan informasi tentang kajian penelitian. Agar penelitian ini dapat tercapai dengan baik, maka dalam metode penelitiannya diperlukan langkah-langkah sistematis berencana, dan sesuai dengan kaidah keilmuan. Selain itu penelitian kualitatif juga dilakukan secara intensif, berpatisipasi lama di lapangan guna mencatat fenomena yang ada baik itu fenomena alamiah maupun fenomena rekayasa manusia, kemudian melakukan analisis terhadap data yang didapat selama penelitian.
Kajian ini menunjukan bahwa Penelitian ini dilaksankan dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena permasalahan yang akan dibahas dimaksudkan untuk mendeskripsikan, menguraikan, dan menggambarkan tentang penggunaan Media pembelajaran PAI di M.Ts. N.U. 08 Gemuh, Kendal. Meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Karena pada dasarnya di M.Ts. N.U. 08 Gemuh, Kendal, tersebut sudah ada Media yang memadahi untuk mata pelajaran PAI sehingga mampu digunakan dengan baik. Sementara iu kendala dan solusi juga memuat tentang hal-hal yang sedang brlangsung pada penelitian yang ikut serta didalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Nur Uhbiyati, M. Pd.; Ismail SM., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Mutu pembelajaran; Pengelolaan media; Media pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Apr 2015 10:14
Last Modified: 27 Apr 2015 10:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics