Kepuasan peserta didik terhadap implementasi sistem manajemen mutu pelayanan di MA NU Banat Kudus tahun ajaran 2014/2015

Nikmah, Nailatun (2014) Kepuasan peserta didik terhadap implementasi sistem manajemen mutu pelayanan di MA NU Banat Kudus tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103311026_Coverdll.pdf]
Preview
Text
103311026_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of 103311026_bab1.pdf]
Preview
Text
103311026_bab1.pdf - Accepted Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 103311026_bab2.pdf]
Preview
Text
103311026_bab2.pdf - Accepted Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of 103311026_bab3.pdf]
Preview
Text
103311026_bab3.pdf - Accepted Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 103311026_bab4.pdf]
Preview
Text
103311026_bab4.pdf - Accepted Version

Download (620kB) | Preview
[thumbnail of 103311026_bab5.pdf]
Preview
Text
103311026_bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 103311026_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103311026_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (175kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai seberapa baik implementasi standar sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001:2008 dalam hal pelayanan pendidikan di MA NU Banat Kudus diukur dari kepuasan pelanggan utamanya yaitu peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kepuasan peserta didik terhadap implementasi standar Sistem Manajemen Mutu pelayanan pendidikan di MA NU Banat Kudus dan 2) strategi dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di MA NU Banat Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah angket peserta didik MA NU Banat Kudus. Pengambilan jumlah sampel menggunakan penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5%, jumlah sampel dengan populasi 976 (dalam tabel sampel tertentu menurut Sugiyono dibulatkan menjadi 1000) maka didapat 258 sampel. Jumlah sampel kelompok diambil secara proporsional stratified random sampling (sampel random stratifikasi proporsional), di mana banyaknya sampel akan proporsional dengan jumlah masing-masing kelas proporsional. Namun, Setelah di lapangan, Pihak MA NU Banat Kudus (tempat penelitian) mengarahkan khusus untuk kelas XII diminta diambil semua populasinya yang berjumlah 317 peserta didik. Alasannya, kelas XII adalah kelas yang telah menjadi pelanggan paling lama di MA NU Banat Kudus, sehingga kuesioner penelitian (angket) yang disebar di tempat penelitian jumlahnya ada 493 angket (kelas X dan XI masing-masing 88 eksemplar angket)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan metode Importance-Performance Analysis, kepuasan peserta didik terhadap implementasi sistem manajemen mutu pelayanan pendidikan di MA NU Banat Kudus menunjukkan tingkat kinerja 4,07 (puas) dan harapan 4,69 (penting). Sehingga diperoleh nilai gap sebesar - 0,63 (kategori puas, karena gap < -1).
Strategi untuk meningkatkan kepuasan peserta didik terhadap implementasi sistem manajemen mutu pelayanan MA NU Banat Kudus yaitu: Atribut yang menjadi prioritas utama dan harus diperbaiki segera sesuai dengan harapan Peserta Didik, yakni atribut yang berada di wilayah kuadran A, di antaranya: dimensi tangibles (kelengkapan perabot ruang kelas, kebersihan ruang kelas, kebersihan lingkungan sekolah, kelengkapan koleksi buku perpustakaan, kelengkapan perabot di lab. Komputer, kelengkapan perabot di lab. IPA, dan kebersihan toilet); dimensi reliability (guru bersikap adil terhadap seluruh peserta didik); dan dimensi assurance (kemudahan peserta didik dalam mengakses informasi pengaduan terkait dengan pelayanan di madrasah, dan keadilan sikap staf karyawan dalam melayani peserta didik); dan Atribut yang harus dipertahankan prestasinya yakni atribut yang berada di wilayah kuadran B di antaranya: atribut dimensi tangibles (kebersihan perpustakaan, kebersihan tempat ibadah, kelengkapan dan kebersihan sarana ruang UKS); dimensi reliability (kemempuan guru dalam menguasai dan menyampaikan materi pelajaran dengan baik, keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran dan metode mengajar yang relevan, kemampuan konselor dalam menangani peserta didik yang butuh bimbingan dan konseling, serta kemampuan konselor dalam berkomuniasi secara efektif dan ramah kepada peserta didik); dimensi responsiveness (guru melayani keluhan peserta didik dengan cepat, tepat dan ramah; kecepat tanggapan guru dalam menyampaikan materi pelajaran dan menjawab pertanyaan peserta didik; konselor bertindak cepat dan tanggap dalam menyelesaikan setiap keluhan peserta didik); dimensi assurance (kesesuaian latar belakang pendidikan guru dengan mapel yang diampu, mapel yang diberikan sesuai kurikulum yang berlaku, tata tertib madrasah diterapkan secara adil); dan dimensi empathy (guru berkomunikasi dengan peserta didik secara efektif dan santun, guru menghargai peserta didik, guru memberikan kepedulian penuh terhadap kebutuhan peserta didik, guru bertanggung jawab terhadap kenyamanan peserta didik di kelas, koselor melayani peserta didik secara adil, konselor bertanggung jawab terhadap kenyamanan peserta didik di ruang konseling, kepala madrasah dan staf manajerial ramah dan bertanggung jawab terhadap kenyamanan peserta didik).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Fatah Syukur NC., M. Ag.; Dr. Fahrurrozi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu Layanan; Kepuasan peserta didik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Apr 2015 10:17
Last Modified: 27 Apr 2015 10:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3984

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics