Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar Fiqih kelas VIII di MTs NU 01 Banyu Putih Batang tahun ajaran 2014/2015

Rozaq, Abdur (2014) Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar Fiqih kelas VIII di MTs NU 01 Banyu Putih Batang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111002_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111002_bab1.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111002_bab2.pdf - Accepted Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111002_bab3.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111002_bab4.pdf - Accepted Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111002_bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111002_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (177kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqih Kelas VIII MTs NU 01 Banyu Putih Batang. Dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya siswa dalam proses pembelajaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Proses pembelajaran fiqih Menggunakan Media Audio Visual Kelas VIII MTs NU 01 Banyu Putih Batang.? (2) Bagaimana Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar Fiqih Kelas VIII MTs NU 01 Banyu Putih Batang?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) MTs NU 01 Banyu Putih Batang merasa perlu menggunakan media audio visual dalam pembelajaran dalam hubungannya untuk meningkatkan motivasi belajar. Dalam pembelajaran fiqih menggunakan audio visual, teknologi multimedia merupakan salah satu teknologi baru dalam bidang komputer yang memiliki kelebihan untuk menjadikan media pembelajaran lebih lengkap. (2) Adapun gambaran yang jelas tentang Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar Fiqih meliputi hasil dari pembelajaran memang mempunyai kekurangan dan kelebihan, media audio visual tidak dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, karena cenderung tetap ditempat, biaya pengadaan relatif mahal, apabila guru tidak bisa berpartisipasi aktif maka siswa akan cenderung menikmati visualisasi dan suaranya saja. Kelebihan, memperjelas penyajian pesan, mengatasi perbatasan ruang, waktu dan daya indra. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan acuan bagi para pendidik dalam menggunakan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Motivasi belajar; Fiqih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M. Ag.; Drs. H. Jasuri, M.S.I.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 29 Apr 2015 09:40
Last Modified: 29 Apr 2015 09:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3998

Actions (login required)

View Item View Item