Kompetensi pedagogik guru dan implikasinya dalam perilaku adaptif siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015

Ghozali, Alifa Zaky (2014) Kompetensi pedagogik guru dan implikasinya dalam perilaku adaptif siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093111021_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093111021_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (472kB) | Preview
[thumbnail of 093111021_bab1.pdf]
Preview
Text
093111021_bab1.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 093111021_bab2.pdf]
Preview
Text
093111021_bab2.pdf - Accepted Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 093111021_bab3.pdf]
Preview
Text
093111021_bab3.pdf - Accepted Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 093111021_bab4.pdf]
Preview
Text
093111021_bab4.pdf - Accepted Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 093111021_bab5.pdf]
Preview
Text
093111021_bab5.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 093111021_bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111021_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kompetensi pedagogik guru dan implikasinya dalam perilaku adaptif siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: Apakah kompetensi pedagogik guru dapat meningkatkan perilaku adaptif siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif analisis. Dalam mengumpulkan datanya menggunakan beberapa metode, yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang dipakai dengan sistem triangulasi data untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi direduksi untuk mendapatkan kesimpulan yang valid.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Guru kelas VIII di MTs Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015 telah memiliki kompetensi pedagogik yang baik, terlihat dari adanya kemampuan dalam memahami peserta didik, kemampuan dalam membuat perancangan pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar, dan kemampuan dalam mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru berpengaruh terhadap perilaku adaptif pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015.Kemampuan guru dalam memahami peserta didik, membuat perancangan pembelajaran, serta kemampuan melaksanakan pembelajaran dalam suasana yang nyaman menjadikan siswa lebih mudah untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru kelas VIII di MTs Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015 diharapkan dapat semakin mengembangkan kompetensi pedagogik yang dimilikinya, sehingga guru dapat semakin memahami peserta didik serta menerapkan strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa, sehingga tujuan pendidikan nasional dapat tercapai.Selain itu, pihak sekolah diharapkan senantiasa melakukan perbaikan atas kualitas guru. Perbaikan kualitas dan kompetensi guru dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti mengadakan pelatihan, pengembangan kompetensi guru dengan cara mengikutsertakan guru mengikuti seminar, atau mengadakan diskusi antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag.; Drs. H. Jasuri, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pedagogik; Kompetensi guru; Perilaku siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 29 Apr 2015 09:44
Last Modified: 29 Apr 2015 09:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4000

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics