Efektifitas strategi Learning Starts with a Question terhadap keaktifan dan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs Al-Hidayah Gunungpati Semarang tahun ajaran 2014-2015

Suryanto, Edy (2014) Efektifitas strategi Learning Starts with a Question terhadap keaktifan dan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs Al-Hidayah Gunungpati Semarang tahun ajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111022_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111022_bab1.pdf - Accepted Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111022_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111022_bab3.pdf - Accepted Version

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111022_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111022_bab5.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111022_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (903kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektifitas strategi LSQ terhadap keaktifan dan prestasi belajar al-Qur’an hadits di kelas eksperimen dan kelas kontrol kelas VIII MTs Al-Hidayah Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2014-2015. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran al-Qur’an hadits sehingga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah terdapat perbedaan efektifitas strategi LSQ terhadap keaktifan dan prestasi belajar al-Qur’an hadits antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di kelas VIII MTs Al-Hidayah Gunungpati Semarang tahun ajaran 2014-2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui pelaksanaan strategi LSQ di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design dengan bentuk desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2014-2015. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang terdiri dari dua kelas yakni kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar. Instrumen tes sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif, terlebih dahulu di lakukan uji coba untuk pengujian validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Kemudian metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran secara umum pembelajaran serta data peserta didik. Sedangkan metode observasi digunakan untuk mengamati keaktifan dalam proses pembelajaran Dan saat pembelajaran berlangsung keaktifan peserta didik diamati. Setelah pembelajaran selesai, kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol diberi tes akhir yang sama. Tes akhir dan hasil observasi keaktifan inilah yang digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran LSQ (Learning Start with a Question) terhadap prestasi belajar dan keaktifan peserta didik. Data hasil penelitian yang terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis uji-t. Sehingga menghasilkan: 1. Rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen melalui posttest adalah 87,06 dan rata-rata prestasi belajar kelompok kontrol adalah 65,59. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh prestasi belajar thitung = 7,44 dan ttabel = 1,67. Karena t hitung > ttabel, berarti Ho di tolak. dan H1 diterima karena hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pembelajaran dengan strategi pembelajaran LSQ (Learning Start with a Question). 2. Sedangkan hasil observasi data keaktifan memperoleh rata-rata kelompok eksperimen yaitu 14,59 sedangkan kelompok kontrol memiliki rata-rata 7,91. Sehingga memperoleh t hitung = 21,828 dan ttabel = 1,677, jadi Ho ditolak dan H1 diterima ini berarti keaktifan belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dari hasil diatas, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran LSQ (Learning Start with a Question) berpengaruh positif terhadap keaktifan dan prestasi belajar al-Qur’an hadits kelas VIII MTs Al-Hidayah Gunungpati Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Belajar Al-Qur’an Hadits; Strategi pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tafsir Hadis
Additional Information: Pembimbing: H. Abdul Kholiq, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 29 Apr 2015 10:00
Last Modified: 29 Apr 2015 10:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4009

Actions (login required)

View Item View Item