Efektivitas Pembelajaran Fisika Berbasis Edutainment dengan Berbantuan LKS Word Square terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Materi Pokok Kalor di MA Asy-Syarifah Mranggen Tahun Pelajaran 2011/2012

Izzah, Nur (2012) Efektivitas Pembelajaran Fisika Berbasis Edutainment dengan Berbantuan LKS Word Square terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Materi Pokok Kalor di MA Asy-Syarifah Mranggen Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611021_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611021_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611021_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611021_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611021_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611021_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611021_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya pembelajaran fisika berbasis Edutainment dengan berbantuan LKS Word Square terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada materi pokok Kalor di MA Asyarifah Mranggen Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MA Asy-Syarifah Mranggen. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh peserta didik kelas X yang seluruhnya diambil sebagai sampel yang dikelompokkan sesuai dengan kelasnya, yakni kelas X A sebagai kelas eksperimen dan X B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t awal dari data hasil ujian semester I. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan pembelajaran edutainment dengan berbantuan LKS word square sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data nilai akhir didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan data hasil post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 64,36 dan rata-rata kelas kontrol adalah 59,45. Artinya nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Setelah dilakukan uji perbedaan dua rata-rata antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 2,91 dan diperoleh ttabel untuk = 5%, dk = 22 + 22 - 2 = 42 = 2,02. Karena thitung > ttabel maka dapat dikatakan bahwa gain nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran fisika dengan edutainment berbantuan LKS word square efektif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X pada materi pokok Kalor di MA Asy-Syarifah Mranggen tahun pelajaran 2011/2012. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan menjadi inovasi bagi civitas akademik, para mahasiswa dan para pendidik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan bagi para peserta didik agar dapat menggunakan edutainment dengan berbantuan LKS word square dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fisika Berbasis Edutainment; Word Square
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 539 Modern physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2013 07:45
Last Modified: 03 Dec 2013 07:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item