Studi korelasi antara pelaksanaan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI di MAN 2 Semarang tahun pelajaran 2014-2015

Anam, Muhammad Khoirul (2014) Studi korelasi antara pelaksanaan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI di MAN 2 Semarang tahun pelajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103111068_coverdll.pdf]
Preview
Text
103111068_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of 103111068_bab1.pdf]
Preview
Text
103111068_bab1.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 103111068_bab2.pdf]
Preview
Text
103111068_bab2.pdf - Accepted Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 103111068_bab3.pdf]
Preview
Text
103111068_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103111068_bab4.pdf]
Preview
Text
103111068_bab4.pdf - Accepted Version

Download (964kB) | Preview
[thumbnail of 103111068_bab5.pdf]
Preview
Text
103111068_bab5.pdf - Accepted Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 103111068_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103111068_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang korelasi antara pelaksanaan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI di MAN 2 Semarang tahun pelajaran 2014-2015. Dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran peserta didik untuk melakukan shalat berjamaah secara rutin, sehingga kedisiplinan belajar pun masih kurang. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Data pelaksanaan shalat berjamaah peserta didik kelas XI di MAN 2 Semarang. 2) Data kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI di MAN 2 Semarang. 3) ada tidakkah korelasi positif antara pelaksanaan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI di MAN 2 Semarang tahun pelajaran 2014-2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode survey, dengan responden sebanyak 53 peserta didik kelas XI, adapun teknik pengambilan sampel digunakan random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik, pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara pelaksanaan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI di MAN 2 Semarang tahun pelajaran 2014-2015, terbukti dengan koefisien korelasi rhitung sebesar 0,792 sedangkan koefisien korelasi rtabel sebesar 0,266 pada taraf signifikan 5%. Maka rhitung = 0,792 > rtabel = 0,266, sehingga hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis diterima. Artinya semakin tinggi tingkat pelaksanaan shalat berjamaah maka

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Sukasih, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Shalat jamaah; Kedisiplinan belajar; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 12 May 2015 05:39
Last Modified: 12 May 2015 05:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4021

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics