Studi analisis kesulitan santri menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Taḥfiẓul Qur’an Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak

Ulfa, Tarqiyah (2014) Studi analisis kesulitan santri menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Taḥfiẓul Qur’an Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111101_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111101_bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111101_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111101_bab3.pdf - Accepted Version

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111101_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111101_bab5.pdf - Accepted Version

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111101_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (173kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas kesulitan santri menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kesulitan santri menghafal Al-Qur’an. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa saja kesulitan santri menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Taḥfiẓul Qur’an Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak? (2) Bagaimana cara mengatasi kesulitan menghafal Al-Qur’an di PPTQ Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Taḥfiẓul Qur’an Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak. PPTQ Asy-Syarifah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret apa saja kesulitan santri dalam menghafal Al-Qur’an serta solusi yang diterapkan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Datanya diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif menggunakan induksi, deduksi dan refleksi. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan menghafal Al-Qur’an yang dialami oleh santri di Pondok Pesantren Taḥfiẓul Qur’an Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak, berasal dari diri santri penghafal (intern) dan dari luar diri penghafal (ekstern). Kesulitan yang berasal dari diri penghafal berupa mengalami kelupaan terhadap ayat-ayat yang sudah dihafal, mengalami kejenuhan atau kemalasan, ingatan yang lemah pada diri penghafal, para santri terkadang banyak dihinggapi permasalahan sehingga menimbulkan kesulitan untuk melakukan konsentrasi. Sedangkan kesulitan yang berasal dari luar diri penghafal seperti banyaknya ayat-ayat yang serupa sehingga menimbulkan interferensi bagi penghafal dan gangguan lingkungan seperti gaduh atau ramai. (2) Cara untuk mengatasi kesulitan tersebut, para santri menerapkan solusi yang bersifat umum dan khusus. Solusi yang bersifat umum yang dilakukan oleh santri adalah berupa pendekatan intuitif (penjernihn batin) dengan melakukan dzikir dan do’a, mealkukan shalat lihifẓil Qur’an dengan membaca surat-surat tertentu, mengḥatamkan Al-Qur’an setiap satu minggu satu kali yang dimulai pada hari Jum’at dan diakhiri pada hari Kamis, melaksanakan shalat hajat du’a raka’at, melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis. Sedangkan cara mengatasi kesulitan ataupun solusi yang bersifat khusus adalah seperti sering mentakrīr hafalan yang sudah dihafalkan, memperhatikan ayat-ayat yang serupa dengan memahami makna dari ayat-ayat tersebut, pengkodean pada ayat-ayat tersebut, memotivasi diri sendiri dan mendasari diri dengan niat yang ihklas, pemilihan tempat yang kendusif, pengaturan waktu yang tepat untuk menghafal. Temuan tersebut memberikan acuan bagi para penghafal Al-Qur’an untuk mengantisipasi terhadap kesulitan-kesulitan serta solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut ketika dalam proses menghafal Al-Qur’an.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M. Ag.; Hj. Nadhifah, M.S.I.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 May 2015 09:16
Last Modified: 06 May 2015 09:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4034

Actions (login required)

View Item View Item