Profesionalitas guru fiqih dalam proses pembelajaran di MTs dan MA Miftahul Ulum Ngemplak Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak tahun ajaran 2014

Zubaidah, Zubaidah (2014) Profesionalitas guru fiqih dalam proses pembelajaran di MTs dan MA Miftahul Ulum Ngemplak Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak tahun ajaran 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111107_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111107_bab1.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111107_bab2.pdf - Accepted Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111107_bab3.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111107_bab4.pdf - Accepted Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111107_bab5.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111107_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (180kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Profesionalitas Guru Fiqih dalam Proses Pembelajaran di MTs dan MA Miftahul Ulum Ngemplak Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis profesionalitas guru Fiqih di MTs dan MA Miftahul Ulum Ngemplak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data berbentuk uraian deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, artinya mendeskripsikan data yang berhasil dikumpulkan berupa kata-kata maupun gambar. Dan juga menggunakan metode analisis data induktif dan deduktif. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Guru Fiqih di MTs dan MA Miftahul Ulum Ngemplak sudah profesional. Hal tersebut dikarenakan, mereka telah memiliki ciri-ciri profesional yang sesuai dengan UUD Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005, diantaranya; memiliki Kualifikasi Akademik, sertifikat pendidik, 4 kompetensi (Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial), sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Selain itu, dalam proses pembelajaran, guru fiqih di MTs dan MA Miftahul Ulum Ngemplak terlebih dahulu membuat SILABUS, PROTA, PROMES, RPP, mempersiapkan materi yang sesuai dengan kurikulum dan jenjang pendidikan yang mereka ampu, dan juga mempersiapkan alat peraga yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam menyusun RPP juga disesuaikan dengan prota dan promes serta kurikulum yang ada. Penemuan diatas dapat dijadikan sebagai tolok ukur meningkatkan keprofesionalitasan para guru fiqih pada studi MTs dan MA Miftahul Ulum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Akhirnya penulis berharap semoga goresan pena yang sederhana ini ada manfaatnya, khususnya pada dunia pendidikan Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas Guru; Fiqih; Proses Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Saifudin Zuhri, M. Ag.; Dr. Hj. Sukasih, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 May 2015 09:19
Last Modified: 06 May 2015 09:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4036

Actions (login required)

View Item View Item