pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih ibādah maḥḍah aspek kognitif pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Brangsong Kendal tahun ajaran 2014/2015

Maryati, Tri (2014) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih ibādah maḥḍah aspek kognitif pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Brangsong Kendal tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111133_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111133_bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111133_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111133_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111133_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111133_bab5.pdf - Accepted Version

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111133_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu “Ingin mengetahui apakah kedisiplinan belajar siswa mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih ‘ibādah maḥḍah aspek kognitif pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Brangsong Kendal Tahun Ajaran 2014/2015.” Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Subyek penelitian sebanyak 50 responden, yang diambil dari kelas VIII di MTs Negeri Brangsong Kendal Tahun Ajaran 2014/2015 secara sampel (beberapa siswa dari kelas VIII) yang cara pengambilannya menggunakan teknik simple random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi dimana setiap anggota mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini diambil 15% dari jumlah populasi yaitu 344 siswa, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa kelas VIII. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi untuk memperoleh data tentang keadaan siswa untuk mengukur tingkah laku siswa, yaitu digunakan untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan belajar siswa dan kemampuan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Brangsong Kendal, instrumen angket untuk memperoleh data hasil kedisiplinan belajar siswa (X) dan instrument tes soal tertulis untuk memperoleh data hasil prestasi belajar mata pelajaran fiqih ‘ibādah maḥḍah aspek kognitif (Y), dan informasi dokumentasi untuk memperoleh data daftar jumlah dan nama siswa kelas VIII serta dokumen tentang gambaran umum tentang MTs Negeri Brangsong Kendal. Penelitian ini menunjukkan bahwa “Kedisiplinan belajar siswa (X) mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih ‘ibādah maḥḍah aspek kognitif pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Brangsong Kendal (Y), dibuktikan dengan persamaan regresi Ŷ = 30,985 + 1,245 X, dan hasil analisis regresi linear sederhana Freg= 31,323 > Ftabel5% = 4,04 berarti signifikan, dan Freg= 31,323 > Ftabel1% = 7,19 berarti signifikan. Adapun sumbangan yang diberikan oleh variabel (X) kedisiplinan belajar siswa terhadap variabel (Y) prestasi belajar mata pelajaran fiqih ‘ibādah maḥḍah aspek kognitif sebesar 39,438 %. Sedangkan 60,562 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain misalnya perhatian guru, perhatian orang tua, teman belajar, lingkungan sekitar, metode yang digunakan dalam pembelajaran dan lain sebagainya. Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel X dan Y pada taraf signifikansi 1% dan 5%, keduanya menunjukkan arah yang signifikan, hal tersebut berarti variabel kedisiplinan belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel prestasi belajar mata pelajaran fiqih ‘ibādah maḥḍah aspek kognitif pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Brangsong Kendal Tahun Ajaran 2014/2015.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Fiqih; Ibādah Maḥḍah; Kedisiplinan belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Amin Farih, M. Ag.; Dra. Hj. Muntholi’ah, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 May 2015 09:29
Last Modified: 13 May 2015 09:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4046

Actions (login required)

View Item View Item