Analisis kompetensi dasar mata pelajaran IPS SD/MI kurikulum 2013 di lihat dari Taksonomi Bloom

Tawadlu'un, Fariha (2014) Analisis kompetensi dasar mata pelajaran IPS SD/MI kurikulum 2013 di lihat dari Taksonomi Bloom. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 083911004_coverdll.pdf]
Preview
Text
083911004_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 083911004_bab1.pdf]
Preview
Text
083911004_bab1.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 083911004_bab2.pdf]
Preview
Text
083911004_bab2.pdf - Accepted Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 083911004_bab3.pdf]
Preview
Text
083911004_bab3.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 083911004_bab4.pdf]
Preview
Text
083911004_bab4.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 083911004_bab5.pdf]
Preview
Text
083911004_bab5.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 083911004_bibliografi.pdf]
Preview
Text
083911004_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (93kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Kompetensi Dasar mata pelajaran IPS SD/MI Kurikulum 2013 dilihat dari Taksonomi Bloom. Kajian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum yang sebelumnya menitikberatkan pada aspek kognitif, sehingga dalam menyusun Kompetensi Dasar khususnya mapel IPS SD/MI terkadang kurang memperhatikan tiga ranah tujuan pendidikan antara lain: aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yaitu bagaimana Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPS SD/MI Kurikulum 2013 dilihat dari Taksonomi Bloom?
Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian pustaka (library research), data dikumpulkan dengan studi dokumentasi, seperti buku, catatan, surat kabar dan sebagainya yang mempunyai relevansi dengan tema permasalahan yang diteliti. Teknik analisa data adalah teknik deskriptif dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Inti (KI) dalam kurikulum 2013 terdiri atas empat KI yaitu KI-1 merupakan aspek spiritual, KI-2 merupakan aspek sosial, KI-3 merupakan aspek kognitif dan KI-4 merupakan aspek psikomotor. Keempat aspek tersebut sejalan dengan Taksonomi Bloom yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Kurikulum 2013 mata pelajaran IPS mengacu pada Taksonomi Bloom sebagai dasar untuk mencapai tujuan pendidikan.
Kompetensi Dasar (KD) yang merupakan turunan dari KI ini dalam penyusunannya juga memperhatikan aspek-aspek tersebut. Keempat aspek tersebut menjadi acuan dari kompetensi dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal peserta didik serta ciri dari suatu mata pelajaran. Kompetensi atau konten yang dikembangkan ini terdiri atas sikap, keterampilan dan pengetahuan. KD mata pelajaran IPS kurikulum 2013 secara keseluruhan telah mencakup ketiga ranah pada Taksonomi Bloom yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Meskipun tiap KD tidak secara langsung mengandung ketiga ranah tersebut, namun sudah mewakili salah satu dari ranah Taksonomi Bloom.
Ranah afektif dalam Taksonomi Bloom dikembangkan dalam KI-1 (aspek spiritual) dan KI-2 (aspek sosial) mata pelajaran IPS kurikulum 2013. Perumusan kompetensi yang berkenaan dengan sikap spiritual dan sosial dicantumkan pada kompetensi dasar, namun dalam proses pembelajaran sikap spiritual dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan. Pada ranah kognitif Taksonomi Bloom, kompetensi kurikulum 2013 dikembangkan pada KI-3 yaitu aspek pengetahuan. Sedangkan ranah psikomotor dikembangkan pada KI-4 yakni aspek keterampilan. KI-1 dan KI-2 dalam pencapaiannya melalui proses pembelajaran yang pelaksanaannya terintegrasi dengan pendekatan saintifik pendidikan karakter, maka dalam perumusan indikator tidak diperlukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mustopa, M. Ag.; Dr. H. Abdul Rahman, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Taksonomi Bloom; Kurikulum; Kompetensi dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 May 2015 09:37
Last Modified: 13 May 2015 09:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4050

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics