Pengaruh penggunaan model pembelajaran active learning tipe modeling the way terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV di MIN Limbangan Malahayu Brebes

Izzah, Awalia Laila Miftakhul (2014) Pengaruh penggunaan model pembelajaran active learning tipe modeling the way terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV di MIN Limbangan Malahayu Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911009_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911009_bab1.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911009_bab2.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911009_bab3.pdf - Accepted Version

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911009_bab4.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911009_bab5.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911009_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (96kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran Active Learning tipe Modeling the Way terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV di MIN Limbangan Malahayu Brebes. Kajiannya dilatarbelakangi oleh proses pengajaran IPA kelas IV di MIN Limbangan Malahayu Brebes pada umumnya masih menggunakan metode ceramah, serta penggunaan media dan metode belajar belum bervariasi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah ada pengaruh model pembelajaran Active Learning tipe Modeling the Way terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV di MIN Limbangan Malahayu Brebes ? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain “pretest posttest control group design” yang dilaksanakan di kelas IV MIN Limbangan Malahayu Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul setelah perlakuan diuji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Kajian ini menunjukkan bahwa : rata-rata hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam poko bahasan energi panas dan bunyi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Active Learning tipe Modeling the Way lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh thitung = 3,303 sedangkan ttabel = 1,671 Karena maka ditolak. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80,40 dan kelas kontrol = 71,07, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Active Learning tipe Modeling the Way terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi pada kelas IV di MIN Limbangan Malahayu Brebes dari pada metode pembelajaran konvensional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Active Learning; IPA; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: pembimbing: Joko Budi Poernomo, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 May 2015 07:57
Last Modified: 25 May 2015 07:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4055

Actions (login required)

View Item View Item